Puluhan Ribu Peserta Japas IPB Buru Hadiah Umroh

Seorang mahasiswa dan petugas satuan keamanan Institut Pertanian Bogor mendapatkan hadiah paket umroh, Minggu (17/9/2017). Keduanya, masing-masing Ivan K dan Subur merupakan peserta jalan pagi sehat (japas) yang rutin diselenggarakan IPB untuk memperingati Dies Natalis yang jatuh pada bulan September.
Petugas keamanan Subur merasa sangat bersyukur mendapatkan hadiah yang tidak disangka-sangka tersebut. “Alhamdulillah, tidak sangka saya bakal dapat hadiah umroh,” kata Subur.
Setiap tahun, japas diikuti oleh sekitar 10.000 orang peserta, baik dari warga IPB, masyarakat sekitar, stakeholder, hingga alumni IPB. Tahun ini, diperkirakan peserta japas lebih dari 10.000 orang.  Sejumlah peserta mengaku bersemangat mengikuti japas karena selain ingin berolahraga ringan juga sekaligus bertemu dengan kawan lama.
“Selain itu, hadiah umroh juga bikin kami semangat untuk ikut. Siapa tahu menang umroh,” kata salah seorang peserta japas.

Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan japas merupakan salah satu cara untuk mengenal kampus lebih dalam bagi para mahasiswa baru.
Sementara, bagi civitas akademika IPB, japas bisa dijadikan cara untuk bersilaturahmi sekaligus evaluasi lingkungan kampus. “Di sepanjang perjalanan tadi kita melihat kondisi IPB sebenarnya. Ada sampah yang tidak terolah, bangunan tua yang tak kunjung mendapat anggaran perbaikan dan persoalan lainnya. Bagaimanapun, itulah kondisi riil kita yang harus sama-sama kita carikan solusi,” ungkap Herry.
Dia berharap ajang silaturahmi serta penyegaran ini bisa semakin memotivasi para dosen dan peneliti untuk menghasilkan inovasi bagi kemajuan bangsa. Sementara, bagi mahasiswa juga diharapkan bisa menjadi penyemangat agar bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan masa studi sehingga bisa menerapkan ilmunya di tengah masyarakat.

Reporter Deni Hendrayana

print

You may also like...