Siapkan 14 M, Exs Gedung Dewan Kota Bogor Jadi Gedung Perpustakaan dan Galeri

Gedung exs DPRD Kota Bogor di akhir tahun 2020 ditargetkan sudah terbangun menjadi gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Demikian dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Menurut BIma gedung tersebut dianggarkan Rp14 miliar. Nantinya perpustakaan dan galeri Kota Bogor akan dilebih modern juga menyuguhkan buku-buku tentang tokoh-tokoh Kota Bogor serta profil Wali Kota Bogor dari masa ke masa, selain itu ada juga galeri dokumen foto juga buku tentang jaman prasejarah hingga Bogor tempo dulu.

“Gedung perpustakaan awal tahun ini sudah mulai lelang pengawasnya, ditargetkan selesai bulan Oktober 2020, tapi anggaran Rp14 miliar itu hanya untuk bangunannya saja. Untuk furniture dan lain-lain bisa menyusul. Sebagian furniture akan diusahakan pada APBD Perubahan tahun 2020. Sebagian lagi nanti 2021, karena kebutuhan semua ya Rp20 miliar,” ungkap Bima usai rapat koordinasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor pada Kamis (30/1/2020) siang.

Bima menjelaskan, nantinya didalam Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor disajikan, sejarah Bogor dari zaman prasejarah, kerajaan sampai era Bogor modern. Ada juga wali kota dari masa ke masa, hingga hal-hal semua tentang Bogor ada disitu.

“Semua tentang Bogor, akan dikumpulkan disitu, kami kumpulkan file video segala macam itu,” tambahnya.

Kepala Diskarpus Kota Bogor Agung Prihanto menjelaskan, tahun ini anggaran sudah disetujui Rp14 miliar, tapi yang disampaikan wali kota untuk furniture diupayakan masuk dalam APBD Perubahan 2020, nanti kalaupun masih kurang di tahun berikutnya.

“Mudah-mudahan  ini bisa menarik pengunjung, bagi warga masyarakat ataupun pihak sekolah Se Kota Bogor. Untuk berikutnya kami upayakan anggaran dari Jawa Barat dan tahap sekarang lelangnya lelang konsultan pengawas nanti untuk yang konstruktif viral bulan Maret atau April,” terangnya.

Agung memaparkan, perpustakaan kedepannya bukan saja tempat membaca saja, nanti ada kegiatan-kegiatan termasuk untuk komunitas juga nanti kita siapkan ruangan khusus untuk di sana. Kemudian juga ada permainan permainan yang sifatnya edukasi bagi warga masyarakat dan anak-anak, terutama itu ada permainan tradisional dari segala macam. Ada juga studio nanti untuk memutarkan film-film sejarah Kota Bogor ataupun kegiatan-kegiatan lain.

“Media kami siapkan nanti ruangan untuk media, budayawan dan unsur lain. Pokoknya perpustakaan yang begitu megah nanti akan kami gunakan semaksimal mungkin bagi seluruh warga masyarakat,” jelasnya.

kontributorpratama

print

You may also like...