Aktifkan Kembali Intake Cipaku, PDAM Pasang Pompa Sementara

PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor segera mengaktifkan kembali Intake Cipaku untuk menambah kapasitas produksi air baku. Dua unit pompa (masing-masing kapasitas 75 liter perdetik) disiapkan untuk menarik air baku dari Sungai Cisadane ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cipaku melalui pipa transmisi sepanjang 500 meter.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana melalui Sekretaris Perusahaan Rinda Lilianti menerangkan, PDAM akan memfungsikan kembali Intake Cipaku dengan mensuplai air baku sebesar 300 liter perdetik ke IPA Cipaku. Namun, pompa tersebut hanya sementara, karena PDAM sedang menunggu pompa baru kapasitas 300 liter perdetik yang inden enam bulan.

“Jadi, kita sudah memprogramkan pemasangan pompa di situ (Intake Cipaku). Tapi ternyata harus nunggu enam bulan. Tapi oleh pihak ketiga, kita dipinjami dulu dua unit pompa masing-masing 75 liter perdetik. Ya alhamdulillah, kita terima saja,” kata Rinda, Jumat (2/3/2018).

Sejak Kamis (1/3/2018), petugas fokus melakukan penyetelan asesoris, panel-panel listrik serta penyambungan pompa ke pipa eksisting. Diharapkan pekan depan, pompa tersebut dapat difungsikan, sehingga dapat mensuplai air baku ke IPA Cipaku.

“Kalau Intake Cipaku sudah running, air dari Intake Ciherang Pondok yang mengarah ke IPA Cipaku akan kita tutup dan dialihkan seluruhnya ke IPA Dekeng. Jadi kedepan, IPA Dekeng dapat memproduksi air bersih sebesar 1.800 liter perdetik dari kondisi saat ini 1.500 liter perdetik,” kata mantan Kepala Bagian Produksi PDAM Kota Bogor itu.

Beberapa tahun terakhir, Intake Cipaku memang tidak difungsikan karena kerusakan pompa dan tingginya biaya operasional. Pasokan air baku ke IPA Cipaku sebesar 300 liter perdetik disuplai dari Intake Ciherang Pondok.

Direksi PDAM Kota Bogor kemudian memutuskan akan mengaktifkan kembali Intake Cipaku, sehingga fungsi IPA Dekeng bakal lebih optimal.

“Selama ini, banyak keluhan pelanggan di wilayah zona 3 dan 4 karena air yang diproduksi dengan jumlah pelanggan sudah seimbang. Jadi ketika ada masalah di produksi, akan rentan terjadi gangguan pasokan. Mudah-mudahan dengan adanya program penambahan kapasitas produksi dari hasil optimalisasi IPA Dekeng dan penggunaan Intake Cipaku, pelayanan PDAM akan semakin baik,” harap Rinda.

sumberpdamkotabogor.go.id

print

You may also like...