Jumlah Penunggak Pajak Kendaraan di Kota Bogor Capai 30 Persen

Sekitar 27-30 persen pajak kendaraan yang ada di Kota Bogor menunggak. Penunggak pajak sebagian besar merupakan pemilik kendaraan jenis sepeda motor.

Kasi Pendataan dan Penetapan Samsst Kota Bogor Erdi Masriadi mengatakan ada sekitar 400.000an kendaraan yang terdaftar di Samsat Kota Bogor. “Dari jumlah ini ada sekitar 27-30 persen yang belum bayar pajak,” kata Erdi.

Menurut dia, cara penagihan paling efektif adalah dengan operasi bersama yang digelar oleh Satuan Lalu Lintas bekerja sama dengan Samsat. Sebab, dalam kesempatan ini, penunggak pajak bisa langsung melunasi tunggakan pajaknya.

Selain itu, Samsat juga menerjunkan petugas khusus untuk mendatangi pemilik kendaraan yang menunggak pajak. Satu orang ditugaskan untuk mendatangi rumah pemilik 3 kendaraan /hari yang pajaknya menunggak.

Meski tunggakan pajak relatif banyak, Erdi mengungkapkan target penerimaan pajak sudah di atas target yang ditentukan. “Tahun ini, target pajak kita Rp 232,6 miliar. Sejauh ini sudah terealisasi 63,38 persennya,” ucap Erdi.

Sementara itu KBO Satlantas Polresta Bogor Kota Iptu Budi mengatakan operasi akan dilakukan sampai 24 Agustus untuk menjaring penunggak pajak. Sebagian besar pemilik kendaraan, kata Budi, cenderung malas mengantre untuk membayar pajak sehingga menunggak. “Makanya cara ini lebih efektif untuk menjaring penunggak pajak,” ucapnya.

Reporter Deni Hendrayana

print

You may also like...