Ternyata Ini Oleh-oleh Pimpinan Dewan ke Moskow

Setelah sempat jadi perdebatan terkait keberangkatan 3 pimpinan DPRD Kota Bogor ke Moskow beberapa hari lalu, ternyata ada hal positif yang diraih selama di Moskow. Terutama bagi pengembangan usaha kecil-menengah (UKM) Kota Bogor.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat yang ikut berangkat ke Moskow bersama dua pimpinan DPRD Kota Bogor lainnya, selama di Moskow dirinya mengikuti kegiatan pameran UKM, salahsatunya UKM dari Kota Bogor. Seperti tas, batik dengan motif Islami yang dilatarbelakangi historis Mama Falak Pagentongan Kota Bogor, kripik pisang, lapis talas Bogor dan produk makanan khas masyarakat Bogor lainnya.

“Pameran tersebut memberikan angin segar bagi pelaku UKM khususnya di Kota Bogor, karena ternyata banyak produk UKM Kota Bogor yang diminati warga Moskow. Contohnya kripik pisang yang ternyata selalu habis. Mereka suka, dan itu jadi prospek pemasaran ke depannya,” kata Jajat.

Jajat menambahkan, selain kripik pisang yang diminati warga, baju batik pun menarik perhatian warga di sana. Tak sedikit warga Moskow yang penasaran dan mencoba baju batik berlabel IRD by Indriya R. Dani.

Wakil ketua DPRD kota Bogor Jajat Sudrajat berfoto di depan stand pameran UKM Kota Bogor

Wakil ketua DPRD kota Bogor Jajat Sudrajat berfoto di depan stand pameran UKM Kota Bogor

“Bukan hanya di bidang produk, dalam kesempatan tersebut dilakukan juga penandatanganan kerjasama antara Universitas Ibnu Khaldun fakultas KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) dengan Universitas Islam di Kazan,” jelas Jajat yang juga Koordinator Komisi B yang membidangi UKM.

Jajat juga menjelaskan bahwa keberangkatannya ke Moskow sesuai dengan undangan dari pusat ke provinsi kemudian ke Kota Bogor, untuk mengirimkan UKM dari Kota Bogor.

“Kami berangkat ke sana karena diundang, bukan keinginan pribadi. Dan Alhamdulillah menghasilkan sesuatu bagi kemajuan UKM Kota Bogor. Selain kami, yang berangkat ke sana pelaku UKM yang mengikuti pameran,” ujarnya.

Sementara itu salah satu pelaku UKM Kota Bogor yang ikut pameran di Moskow, baju batik berlabel IRD by Indriya R. Dani mengatakan, keikutsertaannya ke Moskow untuk mengenalkan produk batik dengan motif khas Islami yakni ajaran Ulama Bogor yang mempunyai kesamaan dengan Ulama di Kazan.

“Alhamdulillah produk kami dikenal di sana. Kazan itu ibukota Republik Tatarstan bagian dari Rusia. Saya juga mendapatkan kerjasama dengan Muslim Religious of Board of thr Republic Tatarstan,” kata Indriya.

Reporter Pratama

 

 

 

 

 

print

You may also like...