Indonesia, Negara dengan Rakyat Paling Malas Jalan

Survei global yang dilakukan sekumpulan peneliti dari University of Stanford menunjukan Indonesia sebagai negara yang menduduki peringkat atas soal urusan paling sedikit melangkah. Padahal, Kementerian Kesehatan RI sangat mendukung aktivitas fisik seperti berolahraga untuk memulai hidup sehat untuk masyarakat Indonesia.

Di sela acara yang diselenggarakan Kemenkes, Kamis (13/7/2017), Tebet, Jakarta, dr Lily S. Sulistyowati, MM, Direktur Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI menyatakan aktivitas fisik sangat penting dilakukan dalam mewujudkan hidup sehat. “Tidak harus selalu pakai pakaian training atau sepatu kets, meskipun dengan pakaian rapi kita tetap kita bisa berkeringat,” tuturnya.

Dokter yang memiliki sapaan akrab dr Lily ini memberikan contoh termudah dalam membiasakan diri untuk aktif bergerak. Anda bisa mulai dengan naik tangga ketika bekerja, tidak melulu dengan naik lift saat kerja. “Kebanyakan orang kan lantai dua saja naik lift,” ujarnya yang disambut gelak tawa.

Kemenkes sendiri sebenarnya sudah sering menyuarakan untuk bergerak aktif dalam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Beberapa acara juga turut mengundang menteri dan sejumlah kementerian terkait untuk semakin menggalakkan kebiasaan hidup aktif.

“Di situ kita sudah menganjurkan untuk selalu kita bergerak, pernah di suatu hari Jumat olahraga bersama dan sebagainya,” tambah dr Lily.

Tidak hanya bergerak aktif dan senang untuk melangkahkan kaki, dr Lily juga mengingatkan masyarakat untuk memerhatikan asupan sayuran buah serta rutin untuk melakukan cek kesehatan secara berkala. Tak lupa, ia juga mengingatkan para orang tua untuk mulai membiasakan hidup sehat kepada anak sejak dini.

“Pendidikan sejak dini itu penting sekali, dan jangan cuma nyuruh, tapi kita sendiri nggak kasih contoh,” pungkasnya.

sumberdetik.com

print

You may also like...