Lulusan Unpak Harus Jadi Agent of Change

Sedikitnya 773 mahasiswa Universitas Pakuan diwisuda oleh Rektor Universitas Pakuan Dr Bibin Rubini, Mpd dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Pakuan di Gedung Brajamustika, Kota Bogor Rabu (31/9/2016).

Menurut Rektor Universitas Pakuan Dr Bibin Rubini, untuk Program Sarjana, Fakultas Hukum berjumlah 35 orang, Fakultas Ekonomi berjumlah 124 orang, FKIP berjumlah 193 Orang, FISIB berjumlah 61 orang, Fakultas Teknik berjumlah 46 orang, Fakultas MIPA berjumlah 90 orang. Untuk Program D3 berjumlah 95 orang yang terdiri dari Fakultas Ekonomi berjumlah 69 orang dan Fakultas MIPA berjumlah 26 orang.

“Untuk mahasiswa Program Pascasarjana sebanyak 129 orang yang terdiri atas Program Doktor (S3) berjumlah 2 Orang, Magister (S2) berjumlah 127 orang,” ujar Bibin dalam sambutannya.

IMG-20160831-WA028Bibin menambahkan, wisuda Universitas Pakuan diselenggarakan dalam suasana HUT RI ke 71. Menurut Bibin, peringatan tersebut mengingatkan tentang perjuangan para pendiri Negara untuk melepaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah. Dalam mengisi kemerdekaan lebih sulit jika kita tidak bergandengan tangan dan selalu bercerai berai. Cita-cita Nasional yang yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yang berbunyi, Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial masih jauh dari kenyataan.

“Cita-cita pendahulu kita merupakan pekerjaan berat bagi bangsa Indonesia, tidak terkecuali kita yang berkecimpung dalam dunia pendidikan,” kata Bibin.

Untuk itu, Bibin menambahkan, Universitas Pakuan sejak awal berkomitmen dan konsisten dengan apa yang telah dirumuskan dalam visi dan misi Unpak yaitu menghasilkan sumber daya insani yang Unggul, Mandiri dan Berkarakter.

“Lulusan Unpak tidak hanya unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, akan tetapi harus memiliki jiwa dan sikap mandiri, prilaku jujur, benar, adil, tanggung jawab, menebarkan kebaikan bagi banyak orang, dan berkarakter (soft skill) yang diwujudkan dalam pikiran, ucapan, dan tindakan yang istiqomah. Wisudawan akan menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan kehidupan masyarakat, menjadi agent of change yang berawal dari pikiran, perdebatan, sampai kemudian melahirkan sebuah gagasan yang maslahat bagi orang banyak,” harapnya.

#pratama

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *