Turunkan Angka Pengangguran, Pemkab Bogor Luncurkan Bogor Career Center

bogor-career-center

Untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Bogor melalui program prioritas yang terdapat dalam Pancakarsa salah satunya Karsa Bogor Maju. Pemerintah Kabupaten Bogor terus berinovasi untuk menyelesaikan berbagai persoalan di Kabupaten Bogor salah satunya masalah pengangguran. Salah satunya Melalui program Bogor Career Center Pemkab Bogor Bogor ingin menekan tingkat pengangguran di Kabupaten Bogor terlebih di masa pandemi Covid-19.

Bogor Career Center berfungsi sebagai pusat informasi pasar kerja, peningkatan pengembangan dan pelatihan angka kerja, pemagangan angkatan kerja serta pusat data dan informasi ketenagakerjaan Kabupaten Bogor.

Pusat karir atau career center berfungsi menjembatani kebutuhan informasi dunia kerja yang diperlukan oleh PT maupun masyarakat  juga untuk menjawab tantangan dunia kerja. Pembinaan karir merupakan aspek penting, untuk mendapatkan pengetahuan spesifik sesuai bidang ilmu pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan perusahaan.

Agar masyarakat atau calon pencari kerja memiliki gambaran apa saja yang dibutuhkan perusahaan baik keahlian, posisi dan jabatan sehingga masyarakat dapat merencanakan dan mempersiapkan potensi diri untuk mendapatkan pekerjaan. Karena didalam career center terdapat bursa kerja online maupun rekruitmen pegawai dan pameran kesempatan kerja.

Pameran bursa kerja online merupakan wahana atau sarana fisik tempat berkumpulnya pelaku dunia kerja untuk mempromosikan institusi, jenis usaha, serta terutama lowongan kerja yang tersedia di institusi tersebut. Sehingga para pencari kerja dengan mudah dapat mengunjungi kegiatan ini dengan maksud melamar dan mencari informasi kerja.

Saat ini tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Terkadang mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang Kamu di zaman sekarang menjadi lebih sulit dengan banyaknya saingan dalam dunia pekerjaan. Akan tetapi dengan memanfaatkan sistem career center, masyarakat atau calon pencari kerja bisa mencari info-info lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dimiliki. Karena melalui Career center selain mencari lowongan pekerjaan, masyarakat juga bisa mendapat berbagai pelatihan yang biasa diadakan di pusat karir ini.

Sebagai bukti keseriusan dalam menangani masalah pengangguran, Pemkab Bogor telah resmi meluncurkan Bogor Career Center beberapa waktu lalu yang secara langsung di luncurkan oleh Bupati Bogor Ade Yasin di gedung Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor.

Bogor Career Center ini menyajikan informasi seputar lowongan pekerjaan di Kabupaten Bogor. Selain datang ke Gedung Bogor Career Center, para pencari kerja juga bisa mengakses informasi lapangan kerja melalui aplikasi dan website http.www.bogorcareercenter.bogorkab.go.id.

Kehadiran Bogor Career Center di Kabupaten Bogor mampu mengurangi tingkat pengangguran terbuka TW III tahun 2021 secara signifikan dari 14,29 persen turun menjadi 12,22%.

Untuk memaksimalkan Bogor Career Center Pemerintah Kabupaten juga membentuk Tim yang dilegitimasi Melalui SK Bupati tentang Tim Koordinasi Career Center, Pembangunan Sistem Informasi dan penyediaan SDM untuk Career Center.

Bogor Career Center juga ditunjang dengan Pembangunan Lembaga Sertifikasi Profesi Ketenagakerjaan (LSP) tahap pembangunan dilakukan melalui Pembentukan Tim yang dilegitimasi Melalui SK Bupati tentang tim pembentukan LSP Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor, koordinasi dengan Badan Nasional sertifikasi profesi, uji komparasi mengenai bentuk LSP, membentuk LSP – P2 yang diketuai Kadisnaker.

Saat ini lapangan kerja tidak hanya mengandalkan sektor formal tetapi juga mengandalkan sektor non formal. Pemerintah kabupaten Bogor berkolaboratif untuk mencetak wirausaha mandiri dan wira usaha baru agar juga tercipta lapangan kerja baru. Sistem Career Center itu juga sudah terkoneksi dengan Diskominfo, serta kecamatan yang ada di Tegar Beriman. Di samping itu, Bogor Career Center ini tidak hanya lowongan kerja saja, tetapi memberikan informasi tentang pelatihan kemudian tentang pemagangan.

Bahkan setiap tahun Pemkab Bogor melatih 1.000 an jiwa pencari kerja. Ada 1.200 jiwa pencari kerja yang kami berikan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), mereka kami ajarkan beberapa jenis keterampilan seperti menjahit, mengelas, servis otomotif, servis handphone dan lainnya.

Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan, bahwa Bogor Career Center merupakan sistem yang dibangun untuk menekan pengangguran dan kemiskinan. Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya menekan angka pengangguran yang setiap tahunnya terus bertambah, salah satunya dengan membentuk Bogor Career Center yang merupakan pusat informasi pasar kerja, pusat informasi peningkatan pengembangan dan pelatihan angka kerja, pusat informasi pemagangan angkatan kerja serta pusat data dan informasi ketenagakerjaan Kabupaten Bogor.

“Bogor Career Center diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran. Kita juga menggelar karpet hijau untuk para investor agar tercipta banyak lapangan pekerjaan Informasi lowongan kerja ini bisa diakses di aplikasi Bogor Career Center atau website website http.www.bogorcareercenter.bogorkab.go.id. Sedangkan untuk mencetak kartu kuning atau kartu pra kerja harus datang ke Gedung Bogor Career Center,” pungkasnya (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *