Tanah Bergerak, Warga Satu RT di Bogor Ngungsi

Warga Kampung Babakan RT 1 RW 10 Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, terpaksa harus mengungsi. Pasalnya rumah warga di lokasi tersebut hancur dan mengalami retak-retak, akibat pegerakan tanah yang terjadi sejak beberapa hari kemarin.

Warga pun khawatir, pasalnya pergerakan tanah masih sering dirasakan apalagi ketika turun hujan. Kerusakan itu terjadi pada bagian atap rumah ambruk dan dinding retak.

Kepala Desa Harkat Jaya Neneng Nuryati  mengatakan, akibat pergeseran tanah itu ada 15 rumah rusak parah dan rusak sedang 23 rumah.

“Untuk sementara warga diungsikan ke rumah sanak keluarga yang lebih aman sebelum tenda pengungsian dibuat,” kata Neneng.

Sementara itu menurut Ely, warga setempat mengaku saat kejadian pergeseran tanah itu terjadi, pertama kali  kamis malam.

“Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Saat ini warga sudah mengosongkan rumah, karena takut terjadi retakan tanah susulan. Kami berharap pemerintah bisa memberi solusi kepada kami,” katanya.

Terkait bencana alam itu  Pemerintah Desa belum mengambil keputusan soal rencana relokasi warga di kampung tersebut, pasalnya masih menunggu kajian dari BPBD dan tim geologi.

Videografer Asol

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *