Wow, Sepatu Lari Nike Usang Ini Laku 2 Miliar

Sepatu ikonik Nike terjual mahal di pelelangan. Sepatu yang dibuat handmade pada 1970-an ini terjual senilai US$150 ribu (Rp2,11 miliar).

Dikutip dari CNBC, Kamis 18 Juni 2020, sepatu ini merupakan sepatu lari. Sneaker ini merupakan sepatu pertama yang dibuat oleh Co-Founder Nike, Bill Bowerman. Bowerman merupakan pelatih lari legendaris di University of Oregon, Amerika Serikat.

Pihak pelelangan, Sotheby, mengatakan sepatu itu dibuat untuk pelari tim Bowerman, John Mays. Kemudian, sepatu keduanya tersimpan di University Archives of The Knight Library di University of Oregon.

“ Bill sering berbicara kepadaku tentang perusahaan yang ingin dibangun. Saat itu, saya tidak terlalu memperhatikannya,” kata Mays kepada Sotheby.

Dia mengatakan suatu hari Bowerman memintanya untuk menguji sepatu lari yang didesainnya. “ Tentu saja saya setuju dan tertarik,” kata Mays.

Bowerman bermitra dengan Phil Knight pada 1964 untuk memulai Blue Ribbon Sport. Mereka mengganti nama perusahaan dengan Nike pada 1971.

Alasan sepatu itu sangat bernilai karena perusahaan menyajikan template asli dan inovasi pertama untuk perusahaan. Hingga kini, brand bernilai multimiliar dolar masih menggunakan desain wafel.

Sekadar informasi, sepatu ini dilelang dari 18 Juni hingga 26 Juni 2020. Sotheby mengatakan sepatu itu adalah yang paling bernilai dari yang pernah ditawarkan dari pelelangan.

Bulan lalu, rumah lelang ini telah menjual otografi sepasang sepatu Michael Jordan, Air Jordan, dari sesi rookie pertamanya. Barang itu terjual US$560 ribu (Rp7,89 miliar).

“ Kami merasa ini adalah jalan yang sesuai untuk menjual sesuatu yang spesial yang berbicara sejarah dan warisan Nike,” kata Direktur e-Commerce Development Sotheby, Brahm Wachter.

Sumber : dream.co.id

Foto: Sotheby/CNBC

print

You may also like...

%d bloggers like this: