Seni Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Wakil Walikaota Bogor Dedie A Rachim meninjau kios sister floristbogor

Tanaman hias Jadi  Pilihan

Pandemi covid memang dirasakan semua pihak, tak terkecuali pria bernama Aldho yang berprofesi sebagai jurnalis di sebuah media online. Kesibukannya selama ini menyusun kata-kata menjadi kalimat dari peristiwa yang diliputnya, mulai menurun sejak pandemi covid melanda Indonesia.

Dirinya mulai berpikir keras untuk mencari cara agar roda kehidupan keluarga kecilnya bisa bertahan di tengah hempasan angin kencang pandemi covid 19. Menurutnya harus ada jalan baru sebagai tambahan income yang selama ini sudah didapatnya, sehingga kehidupannya bisatetap berjalan.

Berbekal tekad kuat demi keluarga, Aldho bersama sang istri mencoba peruntungan dengan mempelajari tanaman hias yang saat ini tengah booming. Kegigihannya belajar kepada sejumlah pedagang dan petani tanaman hias, membuatnya mulai memberanikan diri menjual tanaman hias hasil perburuannya berbelanja di petani tanaman hias.

Proses tak membohongi hasil, mungkin itu perumpaman yang tepat untuk kegigihannya. Usaha jual beli tanaman hiasnya dengan memanfaatkan media sosial, membuahkan hasil. Sejumlah orang mulai mempercayainya dengan berbelanja dalam jumlah banyak kepadanya.

Tak membutuhkan waktu lama, hanya dalam hitungan 3 bulan dirinya sudah mampu memasok tanaman hias ke salah satu pusat penjualan tanaman hias di kawasan Dramaga Bogor. Tekadnya berjuang dan bertahan hidup di tengah pandemi makin gigih, dia dan sang istri yang selalu setia menemaninya mulai melakukan penjualan tanaman hias ke luar pulau.

Lagi-lagi dibutuhkan kesabaran dalam berusaha, modal nekat tanpa ilmu tak mampu untuk mengembankan bisnis. Akhirnya Aldho belajar cara mengirim tanaman hias ke luar pulau. Balai karantina tanaman menjadi sarana edukasinya, hingga akhirnya mampu menjual tanaman hiasnya ke luar pula.

“Alhamdulillah jualan tanaman hias, memberikan saya manfaat untuk keluarga terutama di kala pandemi covid seperti ini. Saat ini yang terpenting bagaimana caranya kita hidup dengan mencari tambahan pendapatan. Yang penting halal,” katanya.

Bisnis jual beli tanaman hias mulai memperlihatkan kemajuan cukup pesat terutama di masa pandemi, untuk itu ia mengajak masyarakat untuk menjadi petani maupun pedagang tanaman hias.

“Sayamelihat petani tanaman hias punya potensi tinggi ekonominya meningkat dimana tanaman hias lagi meningkat tinggi dan diminati pasar global,” ajaknya.

Penulis pratama

Editor herman

print

You may also like...