Potret Potensi Pegawai, PDAM Selenggarakan Asesmen

PDAM Tirta  Pakuan Kota Bogor melakukan Asesmen Psikologi bagi seluruh pejabat struktural dan pelaksana senior. Program ini merupakan sarana untuk memotret potensi dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.

Asesmen yang diselenggarakan tanggal 10, 11 dan 14 Agustus ini bekerjasama dengan Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI) yang bertempat di gedung Universitas Pakuan Bogor.

Direktur Umum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan menuturkan, ada dua tujuan utama diadakan asesmen ini.

“Pertama untuk melihat kompetensi pegawai sehingga pada saat rotasi dan mutasi menempatkan orang yang sesuai. The right man on the right place, and the right man on the right job. Kedua agar peserta mengetahui dimana kekurangan dan kelebihannya, sehingga bisa berkembang lebih baik lagi. Kita akan arahkan mereka (peserta Asesmen) bisa mengetahui kemampuan dan kelemahannya masing-masing,” kata Rino Senin (14/8/2017).

Dengan cara ini, Rino ingin menepiskan anggapan banyak pihak yang menyebutkan bahwa penentuan posisi di jabatan tertentu berdasarkan subyektifitas direksi. “Paling tidak asesmen ini memberikan masukan bagi kami (direksi), siapa saja yang pas di posisi yang tersedia saat ini. Jadi tidak semata feeling atau informasi yang beredar, tapi kita punya landasan akademik yang bisa dipertanggungjawabkan bahwa seseorang itu pas di sana,” jelas Rino.

“Tes psikologi ini tidak menghasilkan mereka itu baik atau buruk, tapi mereka menyadari kelebihan dan kekurangannya, sehingga mereka dapat mengembangkan karir di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dengan maksimal,” tutur Rino.

Dia berharap, dengan adanya asesmen ini pegawai PDAM dapat ditempatkan pada bagian yang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Sehingga berimbas dengan semakin meningkatnya kinerja PDAM sebagai perusahaan penyedia air bersih yang profesional.

“Harapannya nanti penempatan pegawai bisa dilakukan dengan tepat. Kan bisa jadi si A ini misalnya sangat pandai di posisi Humas, tapi saat kita potret ternyata si A ini akan lebih berkembang di bagian Hubungan Pelanggan. Nanti SDM yang akan menilai dan memberikan treatment supaya nanti ada keseimbangan. Ujungnya nanti mereka bekerja dengan berkarir sesuai minat dan kompetensinya,” tutup Rino.

sumberpdamkotabogor.go.id

print

You may also like...