Mengenal Galeri dan Pusat Kerajinan Dekranasda

Komitmen Pemkot Bogor Kembangkan UKM

Komitmen Pemkot Bogor dan Dekranasda untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) di Kota Bogor tak main-main. Salah satunya dengan disediakannya tempat menjual produk UKM di Pusat Kerajinan Dekranasda di Jalan Binamarga No 1 dan di Galeri Dekranasda Kota Bogor  Mall Botani Square.

Di Pusat Kerajinan Dekranasda di Jalan Binamarga No 1, masyarakat bisa menjangkau lokasi dengan mudah karena posisinya tepat berada di sebelah kiri pintu keluar akses gerbang tol Bogor (baranangsiang). Sehingga masyarakat dari luar Bogor bisa langsung menemukan lokasi ini dengan mudah.

Berbagai produk UKM Kota Bogor bisa anda temukan di sini, mulai dari kerajinan gantungan dari kenari hingga ke fashion buatan tangan, seperti fashion dari kampung Perca.

Tak jauh berbeda dengan di Pusat Kerajinan Dekranasda di Jalan Binamarga No 1, di galeri Dekranasda Kota Bogor  Mall Botani Square pun bisa anda temukan produk-produk UKM yang sama. Berbagai pilihan produk dipajang rapi di lantai basement pusat perbelanjaan tersebut. Lokasinya yang strategis, berada di pintu masuk dari area parkir membuat galeri ini banyak dikunjungi pembeli.

Di galeri dekranasda yang ditujukan bagi pengunjung mall ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah mencari produk UKM yang dibutuhkannya.

Tampilan galeri pun terus dipercantik dengan harapan pembeli makin tertarik berbelanja di lokasi tersebut. Menurut petugas penjaga galeri, sudah makin banyak masyarakat yang tahu produk ukm dijual di sini dengan harga murah.

Jika ada pembeli yang ingin datang langsung ke lokasi produksi ukmnya untuk melihat langsung proses produksi, bisa mencari lokasinya di google maps. Salah satu contoh produk UKM yang sedang melejit yakni Kampung Perca.

Kampung yang berlokasi di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor ini memiliki potensi luar biasa yang patut diacungi jempol. Kampung yang berdiri di tengah menurunnya tingkat perekonomian masyarakat dunia, termasuk Kota Bogor akibat pandemi covid 19 layak menjadi percontohan wilayah lain.

Kolaborasi pun dilakukan Pemkot Bogor, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan stakeholder untuk memecahkan masalah kualitas, sarana prasarana, pemasaran, modal usaha dan workshop gelar karya. Menurut Ketua Dekranasda Kota Bogor Yane Andrian Sugiarto, Kampung Perca didirikan dengan tujuan menggerakan eksisting masyarakat berdasarkan potensi sumber daya lokal yang ada. Merubah limbah perca menjadi produk bernilai ekonomi, dan menjadikan kampung perca sebagai tempat wisata belanja.

Jenis produk yang dihasilkan dari limbah perca pun makin berkualitas dan beragam. Mulai dari celemek, sajadah, tas selempang, sarung tangan masak dan berkebun, keset serta taplak. Hingga produk premium hasil kolaborasi dengan Adrie Basuki untuk menyediakan produk perca berkelanjutan, seperti busana pria dan wanita, dan lain sebagainya.

***

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *