Marching Band Makin Diminati

image

Ratusan pelajar yang tergabung dalam 5 grup marching band asal Kota Bogor dan Bekasi. Mereka 1Gikut ambil bagian dalam kompetisi Jungle Marching Kids Competitions 2015 yang digelar the jungle dan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), Rabu (28/10/2015).

Lima grup marching band yang ikut dalam lomba tersebut diantaranya, TK Pertiwi Ciawi Bogor, TK Raudhatur Muttaqin Bekasi, SDN Jati Asih 1, SDN Jati Asih 2 dan SDN Jakasetia 2.

Acara lomba juga dimeriahkan oleh penampilan dari marching band Gita Surosowan Banten drum corp dan buggle, pemenang silver medal di ajang Drum Corp Internasional di Michigan dan Indianapolis, USA.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam Jungle Marching Kids Competitions 2015 ini, diantaranya, tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan tingkat SD.

Ketua Umum PDBI Jawa Barat, Gatut Susanta mengatakan, dalam kompetisi kali ini, PDBI Jabar hanya memberikan support dan dukungan berupa piala dan sertifikat kepada para peserta kejuaran jungle marching kids competitions 2015.

Gatut juga mengatakan dengan adanya  kejuaran ini menandakan minat peserta marching band semakin tinggi. Marching band adalah kombinasi antara olahraga dan seni. Harmonisasi musik, koroegrafi dan membangun gerakan keseimbangan menjadi salah salah satu penilaian tim juri.

“Kami memfasiltasi panitia untuk kegiatan lomba ini, dan ke depannya akan lebih diatur lagi event kejuaraan seperti ini supaya tidak tumpang tindih. Selain itu, soal waktu juga harus diperbaiki oleh para penitia, ke depannya harus dilaksanakan di bulan Desember mendekati akhir tahun,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Lukman Tirta Sasmita, menuturkan, kompetisi ini diselenggarakan bertepatan dengan hari Sumpah pemuda. Tujuannya untuk memberdayakan semua potensi anak di usia dini, agar bisa masuk kejenjang selanjutnya diajang kompetisi lomba tingkat  junior di lomba terbuka.

Marcom dan Creative Event The Jungle Water Park, Kartika Sekartaji menambahkan,  kompetisi ini digelar untuk melestarikan marching kids di Bogor. Menurut Tika, keaktifan marching band  sudah jarang dilakukan. Maka The Jungle dalam kesempatan ini mulai mengaktifkan kembali.

“Ini kegiatan ke empat dilaksanakan di The Jungle Waterpark. Intinya mendidik kekompakan anak dalam kejuaraan kompetisi marching band. Kita melihat para peserta sangat antusias. Peserta lomba disini membawakan lagu nasionalise, seperti lagu daerah, perjuangan, sesuai momen hari sumpah pemuda,” pungkasnya.|yuda|.

print

You may also like...