Klaim Mampu Hindari Peluru, Pesilat Chintya Candranaya Dianggap Berbohong  

Sahabat Dream mungkin pernah mendengar nama Chintya Candranaya. Dia adalah seorang pesilat wanita Indonesia yang akhir-akhir ini viral karena klaim kehebatan ilmu bela diri. Gadis ini telah memamerkan berbagai kelebihannya sebagai pesilat tangguh Nusantara, baik melalui YouTube maupun Instagram miliknya. Konon dia mampu membelah buah durian dengan paku. Ada juga beberapa aksi dia memukul dinding tebal dengan menggunakan tangan.

Sejak itu, nama Chintya mula melambung tinggi. Ratusan bahkan ribuan netizen mula mengakui kehebatan pesilat dari perguruan di Lampung ini. Namun, kehebatan yang dipamerkan di kanal YouTube itu mulai diragukan ketika Chintya dianggap telah melakukan kebohongan kepada publik.


Baca juga:15 Guru Terjangkit Virus Corona di Daerah Ini


Salah satu contoh kebohongan yang dilakukannya adalah ketika dia mampu mengelak dari peluru yang ditembakkan dari jarak sangat dekat. Bagi sebagian kalangan ahli bela diri Indonesia, aksi luar biasa Chintya ini tidak bisa diterima akal karena melawan hukum sains. Seorang aktivis seni bela diri Indonesia, Herri Pras, menjelaskannya melalui YouTube pribadi pada hari Jumat lalu. Dia menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Chintya adalah trik suntingan video.

” Kita tidak boleh menipu masyarakat. Kita tidak boleh membuat video yang mengandung unsur penipuan, pembohongan. Manusia bisa lebih cepat dari peluru, tidak,” kata Herri yang mengaku pernah terlibat dalam beberapa film aksi.

Tidak hanya itu, mantan atlet dan wasit MMA, Mustadi Anetta, juga telah menemukan unsur penipuan yang dilakukan oleh Chintya yang mampu menghancurkan tiang beton menggunakan tangan kosong.

Menurut dia, tiang beton tidak dapat dihancurkan dengan menggunakan tangan kosong, melainkan dengan benda keras seperti palu. Lagi-lagi, Chintya dianggap telah melakukan pembohongan dengan menggunakan trik suntingan video.

Sumber: The Vocket

Foto: Cuplikan Video YouTube

print

You may also like...

Leave a Reply