JMI Bogor Raya Gelar Ngabuburit Jurnalistik

Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya menggelar pelatihan jurnalistik dan konten kreatif untuk siswa SMK Vokasi se Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

 

Ketua JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa menjelaskan, pelatihan jurnalistik dan konten kreator kepada siswa-siswi SMK adalah bentuk nyata dan komitmen JMI Bogor Raya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 

 

“Ini adalah bukti nyata untuk mengajak adik-adik pelajar di Cileungsi sadar akan pentingnya tata cara penulisan jurnalistik dan menjadi konten kreator,” ucapnya kepada wartawan, Rabu (13/4/2022). 

 

Lebih lanjut Billy berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan ini, para pelajar bisa mendapat wawasan baru dan termotivasi menjadi seorang konten kreator. 

 

“Semoga bisa bermanfaat, karena tidak sedikit dari adik-adik kita yang kurang paham dalam menggunakan media sosial, sehingga rawan untuk dirinya terjerat UU ITE,” tutur Billy. 

 

Di lokasi yang sama, Ketua Komunitas SMK Vokasi se Cileungsi menyambut baik pelatihan yang dibuat para wartawan yang tergabung di JMI Bogor Raya ini. 

 

Iskandar mengatakan, kegiatan bertema ngabuburit bersama jurnalistik ini sangat luar bisa dan amat bermanfaat bagi pelajar. 

 

“Dimana di dalamnya ada penangkalan hoaks, karena mereka ini generasi muda, makanya jangan sampai asal upload-upload, padahal yang di unggah ini sesuatu yang tidak benar adanya,” tuturnya. 

 

Jadi dengan adanya kegiatan ini, lanjut Pak Is sapaan akrabnya, para pelajar akan sadar mana berita yang harus diupload dan tidak. 

 

“Yang kedua berkaitan dengan konten kreator, dimana mereka adalah generasi Z , jadi ketika mereka lahir teknologi itu sudah ada, bangun tidur mereka memegang teknologi, saat tidur juga mereka memegang teknologi, dunia ini berbeda jauh dengan zaman kita dulu atau bisa disebut generasi kolonial,” ungkapnya. 

 

Tentunya kompetensi, keahlian atau skill pelajar pun harus diasah, salah satu metode pengasahan keahlian adalah dengan pelatihan ini. 

 

“Pelajaran seperti ini yang kita harapkan, bukan hanya teori-teori semata tapi ada praktek atau realisasi di dunia nyata, dirumah ataupun disekolah, tentunya yang saya sangat harapkan dari ini, mereka bisa menghasilkan sesuatu yang sangat berkarya dan sangat baik, buat mereka buat keluarga dan tentunya masyarakat sekitar,” singkatnya. 

 

Senada dengan Iskandar. Pengawas SMK di Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah satu Jawa Barat, Dina Martha Tiraswati mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang digagas oleh JMI Bogor Raya dengan tema Ngabuburit bareng Jurnalistik ini. 

 

“Karena kegiatan ini sangat memberikan edukasi kepada peserta didik, guru dan kepala SMK di Kecamatan Cileungsi, dimana sekarang ini diperlukan kegiatan yang positif untuk mengeksplorasi kompetensi peserta didik yang kesehariannya yang tidak lepas dari gadget, baik sebagai media pembelajaran, berselancar di dunia maya maupun bermain game,” Ucapnya. 

 

Sehingga, dengan kegiatan pelatihan ini, bisa memberikan wawasan tentang jurnalistik dan mampu menulis informasi yang baik dan benar adanya. 

 

“Harapannya kegiatan ini terus berkelanjutan, sehingga akan banyak peserta didik yang mampu menjadi Jurnalis muda, percaya diri dan bertanggung jawab. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada JMI Bogor Raya dan salam sukses untuk semuanya,” tandasnya. 

 

Kegiatan tersebut juga diapresiasi Ketua Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muchtar. 

 

“Melalui kegiatan yang diinisiasi rekan-rekan JMI Bogor Raya, dapat membantu pemerintah memulihkan ekonomi masyarakat selepas pandemi ini. Melalui konten kreatif kalangan milenial, sisi ekonomi masyarakat bahkan wisata dapat menjadi obyek untuk dieksplorasi,” pungkasnya.

Penulis Pratama

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *