Ini Pesan Masyarakat Dayak Iban di Hari Bumi Sedunia

Hari Bumi atau Earth Day 2021 sedunia bertema Restore Our Earth atau Pulihkan Bumi Kita, diperingati Kamis (22/4/2021).

Octavia Rungkat Tuani Mangasih (17) salah satu masyarakat adat Dayak iban yang sekarang tinggal di Bogor mengucapkan selamat hari bumi. “Bumi adalah ibu kita semua jadi sudah semestinya kita menjaga dan mencintainya seperti kepada Ibu kita sendiri,” ujar Octavia, saat dihubungi kabaronline.co.id melalui pesan seluler.

Komunitas dayak Iban Sungai Utik sebagai penjaga hutan, memang diajarkan untuk menghargai hutan, tanah dan air oleh nenek moyang terdahulu. Komunitas ini percaya jika kita tidak menyakiti bumi, maka bumi juga tidak akan pernah menyakiti kita. Itu sebabnya komunitas adat memiliki peran penting untuk menjaga bumi.

“Harapan saya, semoga lebih banyak orang menjaga bumi. Mungkin tahun sebelum nya kita sering mengabaikan bumi dan sering kali kita menyalahkan bumi dengan bencana yang datang menghampiri kita. kini saatnya untuk kita mengubah semua prilaku negatif kita yg sudah merusak bumi kita,” ungkap Octavia, yang biasa dipanggil Yessy.

Lanjut Yessy, untuk mengurangi krisis iklim yang ada di bumi, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memulihkan planet ini, ada banyak cara yang mudah dan efektif.

“Kita harus sering menanam pohon, menghemat air dan energi, menjaga kebersihan di sekitar kita, dan menjaga kebersihan lingkungan seperti tidak mengunakan plastik sekali pakai. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi menyelamatkan bumi kita,” tutup Yessy.

Penulis Fauzi

editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *