Hut ke 7, RSUD Kota Bogor Menuju Rumah Sakit Rujukan Regional

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor diproyeksikan menjadi rumah sakit rujukan regional dan rumah sakit pendidikan. Peningkatan status RSUD Kota Bogor tersebut ditargetkan terealisasi tahun ini.

“Kemarin kita sudah MoU dengan Universitas Pertahanan. Jadi targetnya pertama tentunya mengembangkan layanan semaksimal mungkin untuk warga, menambah jumlah bed kemudian kekhususan di sini penting, tetapi secara keilmuan kita ingin terus berkembang juga makanya membangun kolaborasi dengan kampus,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya usai menghadiri perayaan HUT RSUD Kota Bogor ke-7, Sabtu (7/8/2021).

Bima Arya juga menyampaikan, tahun depan pembangunan terus berlanjut untuk mengembangkan layanan kesehatan di RSUD. Ia mengungkapkan, pembangunan kemungkinan besar pembiayaannya dari bantuan pemerintah pusat maupun provinsi.

“Dan kami juga melihat ada kebutuhan perluasan di sini, tapi harus menghitung dan mengkaji untuk luasan yang dibutuhkan termasuk lahan mana yang dibebaskan karena kita melihat datanya sekarang tetap harus menghitung rasio antara pasien Kota Bogor dan masih banyak juga dari luar Kota Bogor,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Bima Arya berpesan tiga hal untuk RSUD Kota Bogor. Pertama, RSUD harus berpedoman pada prinsip kemanusiaan. Kedua, kebersamaan, dan ketiga adalah kompetensi harus ditingkatkan dengan penambahan dokter spesialis dan alat kesehatan yang lengkap.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Kota Bogor dr Ilham Chaidir mengatakan, angka tujuh merupakan angka yang istimewa terkait dengan perjalanan RSUD dalam memberikan pelayanan kesehatan baik secara klinis maupun secara sosial yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya.

“Saat rumah sakit yang kita sayangi ini berdiri, berjuta asa yang diletakkan dipundak kita, sebagai satu satunya rumah sakit pemerintah dan rumah sakit milik rakyat, RSUD lahir di era millennium yang mengemban amanat sebagai fasilitas Kesehatan terdepan dan terbaik,” katanya

Secara umum RSUD juga dikondisikan secara terencana, terstruktur dan berkembang secara dinamis. Saat ini visi RSUD Kota Bogor sebagai rumah sakit idaman keluarga dengan target sebagai rumah sakit pendidikan, rujukan regional dan menerapkan teknologi digital 4.0 menjadi penyemangat dalam mewujudkan harapan masyarakat di kota hujan ini.

dr Ilham mengemukakan, dalam kondisi yang memprihatinkan mulai dari tahun 2020 sampai sekarang RSUD sudah melewati banyak rintangan, yang ternyata menjadi cemeti dan penguat untuk bersinergi, bekerja sama dan berkoordinasi, terutama mengatasi pandemic Covid-19 ini. Tantangan di depan mata adalah agar RSUD Kota Bogor untuk semakin meningkatkan performanya.

” Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Donasi-donasi
yang diberikan kepada kami, Insya Allah semua kebaikan bapak ibu dan para Donatur, dibalas dengan Keberkahan dan rahmat oleh Allah SWT, Pada tahun ini RSUD Kota Bogor mengambil tema RSUD Kota Bogor for Humanity,” ujarnya.

Dari tagline tersebut Humanity memiliki arti kemanusiaan yaitu bagaimana RSUD Kota Bogor memberikan semua hal yang diupayakannya demi kemanusiaan.

“Kegiatan berlandaskan Humanity yang sudah kami lakukan terdiri atas beberapa agenda, Yang Pertama adalah kita membangkitkan semangat para pegawai RSUD Kota Bogor, baik yang terlibat dalam bidang pelayanan maupun bidang non pelayanan untuk
bekerjasecara ikhlas, tetap menjaga mutu kualitas bagi masyarakat kita,” katanya.

Selanjutnya adalah mengetuk pintu hati, semua insan RSUD, teman teman kita, saudara- saudara kita serta semua pemerhati Kesehatan dan stake holder untuk menyisihkan sebagian rezeki yang nanti akan dsalurkan kepada saudara saudara yang terdapak pandemi, mulai dari yang berdomisili di wilayah seputar RSUD Kota Bogor, kemudian juga beberapa rekan kita yang pada saat ini sedang di rawat, baik melakukan perawatan di RSUD Kota Bogor maupun yang sedang isolasi mandiri.

“Kami juga sudah berupaya meningkatkan status RSUD Kota Bogor dan Insya Allah tahun ini status sebagai rumah sakit Pendidikan dan rumah sakit rujukan regional menjadi kado terindah,” katanya.

dr Ilhan berharap pada momentum HUT RSUD ini, dapat memberikan sesuatu yang lebih bermakna dari tahun sebelumnya. Berbagai rangkaian kegiatan pun sudah dilaksanakan divantaranya mengapresiasi pegawai-pegawai yang berprestasi dalam bidang pekerjaannya, mempererat tali silaturahmi antar pegawai tanpa batasan jabatan, memupuk semangat baru bagi karywan rsud setelah menghadapi pabdemic
Covid-19, memperkuat koordinasi dan kerjasama antar unit dan bagian.

Hingga saat ini ada beberapa pencapaian kegiatan dalam rangka HUT RSUD yang sudah dilaksanakan diantaranya penanaman bunga matahari sebanyak 50 benih, program pembagian hadiah dari RSUD Kota Bogor ke pasien poliklinik dan rawat inap sebanyak 500 bingkisan, program pembagian sembako kepada para nakes yang sedang melakukan isoman , program pembagian give away melalui sosial media RSUD Kota Bogor, program pembagian masker dan hand sanitizer di area hingga luar lingkungan RSUD Kota Bogor.

penulis pratama

editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *