Gelar Pameran Foto, PWI Ingatkan Bahaya Covid

Dalam rangka perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, menggelar acara pameran foto di Lobby Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Rabu (23/2).

Acara ini dibuka oleh Wakil Wali Kota, Dedie Rachim bersama dengan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Ketua Fraksi PDI-P DPRD Kota Bogor, Ence Setiawan, Kadiskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat, Kasatpol-PP Kota Bogor, Agustyan Syach dan Ketua PWI Kota Bogor, Ariehta Utama Surbakti.

Sebanyak 80 foto dipampang di Gedung DPRD hingga Jumat (25/2). Tujuannya adalah agar masyarakat, anggota dewan, pegawai dan tamu yang datang ke Gedung DPRD Kota Bogor bisa melihat karya jurnalistik berbentuk foto yang menggambarkan kondisi Kota Bogor selama pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Atang mengungkapkan rasa haru, bangga dan bahagia, karena gedung DPRD Kota Bogor bisa menjadi tempat peringatan HPN 2022 dengan acara pemeran foto karya jurnalistik dan pelantikan pengurus PWI Kota Bogor.

“Ini merupakan kehormatan bagi kami. Terima kasih atas kesedian PWI Kota Bogor yang berkenan memilih gedung DPRD Kota Bogor sebagai tempat acara. Ini merupakan bentuk harmonisasi yang perlu kita kuatkan kedepannya,” kata Atang.

Pameran foto yang digelar di Lobby utama DPRD Kota Bogor dan lantai 4 DPRD Kota Bogor, disebutkan oleh Atang dapat menjadi refleksi dan evaluasi untuk seluruh anggota DPRD dan pengambil kebijakan di Kota Bogor. Sebab, dari gambar yang disuguhkan oleh jurnalistik ini, menjadi gambaran apakah kebijakan yang dikeluarkan sudah memenuhi keinginan masyarakat atau belum.

“Dengan hadirnya pameran foto pada peringatan HPN di Kota Bogor ini, menjadikan sarana refleksi dan evaluasi atas segala apa yang sudah dilakukan dan belum dilakukan. Bagaimana caranya, yaitu dengan melihat foto-foto yang ada. Karena foto bisa bercerita segala hal, foto bisa menceritakan segalanya tanpa harus berbicara. Mudah-mudahan dengan ini semua, kami di dewan dan eksekutif bisa mendapatkan inspirasi dari foto ini agar kita bisa lebih baik lagi kedepan,” ujar Atang.

Atang juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh insan pers Kota Bogor yang masih bisa memberikan informasi yang mengedukasi masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19. “Semoga acara ini bisa berlangsung dengan lancar dan bisa dimudahkan dan dilancarakan oleh Allah SWT, dan menjadi bagian kuat lagi bagi kita utuk menghadirkan Kota Bogor sesuai dengan visi wali kota dan wakil yaitu Kota Bogor ramah keluarga, ramah buat semua, ramah buat Indonesia dan ramah buat dunia,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua PWI Kota Bogor Arihta U Surbakti mengatakan, pameran foto ini salah satunya mengingatkan kembali para pemangku kebijakan maupun masyarakat umum, tentang bahaya covid. Terlebih di tahun sebelumnya, jumlah korban yang dirawat maupun yang meninggal jumlah sangat banyak.

 

“Setelah melihat foto foto ini, kita akan makin sadar tentang bahaya covid. Dan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Arihta.

Ari menambahkan, uang hasil lelang foto ini akan diserahkan ke PWI Peduli Kemanusiaan (PWI Peka) untuk disalurkan ke masyarakat yang terkena musibah.

Setelah rombongan berkeliling untuk melihat-lihat pameran, Atang pun memilih 3 foto untuk dibeli. Karena selain memamerkan foto, PWI Kota Bogor juga membuka lelang foto yang dipamerkan. Dimana uang hasil lelang tersebut akan disalurkan ke organisasi PWI Peduli Kemanusiaan (PWI-Peka) untuk membantu korban bencana.

rls

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *