DPPKB Kota Bogor Gelar Jambore Remaja Tahun 2021

Wali-Kota-Bogor-Bima-Arya

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor sebagai dinas yang mempunyai program  berorientasi kepada remaja, menggelar Jambore Remaja Tahun 2021, di Resimen II  Pasukan Pelopor Korbrimob Kedung Halang, 26 sampai 28 November 2021.

Menurut Kepala DPPKB Kota Bogor Rakhmawati, DPPKB memiliki program Genre merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Program genre juga mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda ,karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza guna menjadi remaja tangguh  dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

“Kegiatan Jambore ini dilaksanakan dalam rangka merespon permasalahan remaja. Saat ini  remaja di Kota Bogor mempunyai permasalahan yang sangat kompleks, seiring dengan masa transisi yang dialami remaja. Seperti tawuran pelajar, narkoba, kecanduan game online, minuman keras hingga pornografi,” kata Rakhmawati.

Untuk menanggulangi hal-hal tersebut, lanjutnya, haruslah ada upaya-upaya yang dilakukan untuk mengarahkan kegiatan remaja ke kegiatan yang bermanfaat. Salahsatunya dengan menggelar Jambore  Remaja Kota Bogor tahun 2021.

Kepala-DPPKB-Kota-Bogor-Rakhmawati

“Jambore remaja ini diharapkan peserta memiliki pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, kesehatan reproduksi remaja, bahaya napza, seks bebas dan HIV-Aids dan peningkatan keterampilan hidup (Life Skill). Serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku sebagai idola, model dan sumber informasi bagi teman sebayanya. Dan juga membantu remaja untuk mempunyai pengetahuan tentang cita-cita mewujudkan keluarga kecil, bahagia sejahtera,” jelasnya.

Acara yang dibuka Wali Kota Bogor Bima Arya dan didamping Komandan Resimen II Pasukan Pelopor Kedung Halang Kombes Pol. Yustanto Mujiharso ini, diikuti125 orang. Terdiri dari Pelajar Kota Bogor, Komunitas Remaja, PIK-R, Duta GENRE, KNPI, Pramuka, PPI, Forum Anak Kota Bogor.

Wakil Wali kota Bogor Dedie A Rachim

Sejumlah pemateri mengisi kegiatan tersebut, antaralain Bima Arya (Wali Kota Bogor), Dedie A. Rachim (Wakil Wali Kota Bogor),  Yane Ardian Bima Arya (Ketua TP PKK Kota Bogor), H. Atang Trisnanto (Ketua DPRD Kota Bogor), Kombes Pol Yustanto Mujiharso (Komandan Resimen II  Pasukan Pelopor Korbrimob Kedung Halang),  dr.Tifauzia Tyassuma (Clinical Epidemiologist), dr. Aris Ahmad Jaya (Motivator Character Building), Rahmat Hendarto(Asosiasi CEO Mastermaind Indonesia) , Kevita Deliza Rizkia (Peraih MEdali Emas PON XX Papua), Vem Rahmad Handoyo (CEO PT.Visi Eka Mulia)

Rakhawati menambahkan, peserta memiliki tugas untuk menyosialisasikan materi-materi yang didapat dari pemateri, wawancara terkait pesan moral, membantu warga masyarakat kota bogor yang berada di wilayah SSA  (Sistem Satu Arah) dan membuat Video Kreatif tentang jambore remaja.

Penutupan kegiatan ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta, penyerahan sertifikat dan penampilan dari para peserta jambore remaja Kota Bogor yaitu koreografi dengan diiringi lagu ‘Wonderland Indonesia’. Acara ditutup Wali Kota Bogor (Bapak Dr. Bima Arya) didamping Bunda Genre Kota Bogor (Ibu Yane Ardian Bima Arya), Komandan Batalyon II Resimen II Pasukan Pelopor ( Kompol Indra Wahyu Madjid S.I.K) di Lapangan tembak Resimen II Pasukan Pelopor Korbrimob Kedung Halang Bogor.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

.

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *