Cegah Korban Bertambah, Damkar Parung Panjang Evakuasi Sarang Tawon

tawon

Petugas Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Sektor Parung Panjang Kabupaten Bogor mengevakuasi sarang tawon yang bersarang di atas genteng rumah warga di Desa Sukamulya Kecamatan Rumpin/ Kabupaten Bogor, Senin (7/2/2022) malam

 

Evakuasi dilakukan lantaran warga takut dan resah atas keberadaan tawon itu, bahkan beberapa waktu lalu puluhan warga jadi korban sengatan tawon jenis vespa tersebut termasuk anak-anak. Warga makin khawatir disengat tawon, ketika hendak melintasi jalan yang berada di bawah sarang tawon tersebut.

 

Warga pun berinisiatif meminta bantuan Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Unit Rumpin Kabupaten Bogor,  untuk mengevakuasi sarang tawon yang sengatannya  mematikan itu. Bahkan dibeberapa daerah, sudah banyak kejadian yang tersengat tawon hingga tewas.

 

“Kami takut tersengat, apalagi di sini banyak anak-anak kecil . Sudah banyak warga yang jadi korban sengatan tawon ini. Untuk itu kami inisiatif meminta bantuan damkar, supaya membasmi sarang tawon tersebut. Biar warga tenang, pak,” kata Suherman, warga setempat.

 

Petugas Damkar yang tiba dilokasi pun langsung mengevakuasi sarang tawon. Dengan mengenakan seragam khusus yang rapat, petugas memusnahkan sarang tawon tersebut.

 

“Usai mendapat laporan warga, kami langsung menuju sini (lokasi). Kami berusaha memusnahkan sarang tawon tersebut, dengan menggunakan alat khusus selama 1 jam. Kami pun mengenakan pakaian khusus agar tak tersengat tawon,” kata  Nur Ikhsan, petugas damkar unit Parungpanjang.

 

Petugas damkar unit parungpanjang sempat kesulitan, karena sarang berada di atas plafon genteng rumah warga. Terlebih pemusnahan dilakukan pada malam hari, dengan maksud agar tawon tak  menyerang warga.

 

“Kami musnahan sarang tawon yang bisa mematikan itu, dengan menggunakan cairan bensin yang dicampur cairan kimia. Setelah dievakuasi, sarang tawon tersebut dibakar,” kata Nur Ikhsan.

Penulis Asol

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *