Canggih, Mesin ATM Ini Bisa Terima Setor Tunai Uang Koin

Salah satu alasan beberapa orang menyimpan uang koin adalah untuk koleksi atau menyimpannya di dalam celengan. Dengan bobor lebih berat dari uang kertas, orang-orang biasanya menyimpan uang koin itu di celengan tanah liat, toples biskuit, hingga botol galon.

Meskipun berat dan bentuknya kecil-kecil, kalau dikumpulkan sedikit demi sedikit, hasilnya pun lumayan juga. Celengan menjadi bertambah berat dan kamu harus membeli celengan baru.

Berbeda dengan uang kertas. Kamu bisa menyimpan uang itu di tabungan tanpa harus datang ke bank. Kini sudah banyak mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang menyediakan fasilitas setoran tunai.

Koleksi tabungan uang koin sebenarnya bisa juga disimpan di bank. Namun prosesnya agak ribet karena teller bank harus menghitung uang satu per satu. Ada pula bank yang menolak menerima setoran dalam bentuk uang koin.

Menyadari masih banyak masyarakat yang mengoleksi uang koin, bank sentral di Malaysia, Bank Negara Malaysia, mengumumkan mesin deposit koin akan mulai tersedia secara nasional. Ketentuan tentang ATM uang koin ini sebetulnya sudah ada sejak 2014 lalu.

Dikutip dari World of Buzz, Rabu 24 Juni 2020, bank yang sudah menyediakan ATM setor tunai untuk uang koin adalah Maybank. ATM ini membantu nasabahanya menarik tunai uang koin atau menyetor recehan ke rekening.

Pertama, pilih bahasa dan letakkan koin-koin ke kompartemen yang telah ditentukan. Tunggulah mesin yang sedang menghitung jumlah koinmu. Mungkin mesin ini akan menolak salah satu uang koin. Tapi, tak apa, kamu bisa meletakkannya kembali di slot terbawah.

Setelah itu, mesin akan mencetak dua slip nota bagimu. Pertama, tanda terima dan kedua adalah voucher. Voucher ini valid hanya dalam satu hari.

Isilah formulir setor rekening dan jumlah koin yang telah dihitung. Pergilah ke bank dan setorkan ini ke petugas bank. Dengan begitu, uang koinmu bisa langsung terakumulasi ke rekening bank. Selamat mencoba.

Sumber : world of buzz

Foto : world of buzz

print

You may also like...