BPJS Kesehatan Kenalkan CHIKA VIKA

BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setelah sebelumnya sukses berinovasi dengan kanal layanan Mobile JKN yang tersedia pada smartphone, kini BPJS Kesehatan memiliki kanal layanan terbaru yaitu CHIKA (Chat Asistant JKN) VIKA ( Voice Interactive JKN).

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Fahrurozi, Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Intelegence/ system, kanal ini menggunakan aplikasi Facebook messenger, Telegram dan Whatsapp.

Sedangkan Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Baca juga: Imbas Kasus Covid 19, 4 Puskesmas dan 1 Kelurahan di Kota Bogor Tutup Sementara

“Dengan kanal ini diharapkan peserta JKN-KIS lebih mudah untuk mendapatkan layanan informasi, peserta dapat mengakses informasi antara lain status kepesertaan, cek tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, registrasi peserta dan ubah data peserta,” kata Fahrurozi.

Selain kanal baru, lanjut Fahrurozi, terdapat fitur baru yang disediakan aplikasi Mobile JKN. Terdapat 6 (enam) fitur tambahan yang dapat diakses peserta JKN-KIS, fitur-fitur tersebut diharapkan dapat menambah kemudahan peserta JKN-KIS dalam mengakses layanan Kesehatan maupun mendapatkan informasi seputar pelayanan JKN-KIS.

“Pada aplikasi Mobile JKN kini terdapat 6 fitur tambahan antara lain ketersedian tempat tidur, konsultasi dokter, jadwal operasi, pendaftaran pelayanan, obat yang ditanggung, dan artikel Kesehatan. Diharapkan dengan fitur-fitur tersebut, peserta JKN-KIS tidak akan sulit untuk mendapatkan informasi dan mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

reporterpratama

print

You may also like...