Bogor Runners Lawan Covid, Mulai dari Masker Sampai Donor Darah

Komunitas lari Bogor Runners diharapkan bisa membantu dalam mengkampanyekan dan menyosialisasikan hal-hal baik, salah satunya soal Covid-19 seperti vaksinasi, pakai masker dan lainnya. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya saat menghadiri donor darah hari jadi Bogor Runners ke-8 di kantor PMI Kota Bogor.

“Bogor Runners harus ambil bagian dalam mengedukasi warga soal cara hidup sehat, soal vaksin, soal pakai masker dan lain sebagainya,” kata Bima Arya, kepada wartawan, kemarin.

Salahsatu kegiatan Bogor Runner, lanjut Bima, yang patut diapresiasi adala donor darah berkolaborasi dengan PMI Kota Bogor.

“Kegiatan ini sangat baik mengingat kebutuhan stok darah yang lumayan meningkat di masa pandemi Covid-19. Selain itu kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi warga dan pihak lain di Kota Bogor untuk berdonor.

Bima menambahkan, tidak hanya donor darah tetapi juga donor plasma konvalesen yang dibutuhkan penderita Covid-19.

Sementara itu Ketua PMI Kota Bogor, Edgar Suratman mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan Bogor Runners di tengah pandemi Covid19, sangat terasa manfaatnya di Kota Bogor. Pasalnya sejak pandemi Covid-19, kegiatan donor darah di Kota Bogor relatif menurun, normalnya 3.000 orang menjadi 2.500 orang.

“Ke depan kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan rutin Bogor Runners, sehingga kestabilan stok darah di Kota Bogor bisa lebih maksimal, bahkan bisa berkontribusi bagi kekurangan stok darah di daerah lain. Saat ini PMI Kota Bogor baru bisa memenuhi kebutuhan stok darah warga Kota Bogor 52 persen,. Terkait donor konvalesen, ada pihak swasta yang menitipkan alatnya untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam donor plasma konvalesen,” kata Edgar.

Sarah anggota senior Bogor Runners mengatakan, melihat kebutuhan darah yang cukup meningkat di masa pandemi Covid-19, donor darah dipilih sebagai sumbangsih Bogor Runners untuk Kota Bogor.

“Kami sudah sering melakukan edukasi soal masker kepada warga,” katanya.

Penulis Pratama

Editor Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *