BNN Kabupaten Bogor Saksikan Pemusnahan 2,6 Ton Ganja

Kepala BNNK Bogor Nugraha Setya Budi menyaksikan pemusnahan sejumlah barang bukti hasil kejahatan dan narkoba di halaman Kantor Kejari Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Kepala BNNK Bogor Nugraha Setya Budi, banyaknya barang bukti narkoba yang dimusnahkan menandakan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat masih tinggi.

“Pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi tanggungjawab kita semua. Mari sama-sama perangi narkoba,” kata Budi.

Sementara itu menurut Kepala Kajari Kabupaten Bogor, Bambang Hartoto, pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan setelah adanya penetapan atau putusan pengadilan yang diatur dalam undang-undang.

“Ini merupakan salah bentuk penegakan hukum yaitu mengeksekusi barang bukti dari putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap. Semuanya ini dari kasus tahun 2015,” katanya.

Barang bukti yang dimusnahkan yaitu 2,6 ton ganja, 470 gram sabu-sabu, 1.341 pil trihexyphedyl, 1.742 pil haxymer, 20 pil ekstasi, uang palsu pecahan Rp100 ribu sebanyak 1.901 lembar, pecahan 100 dollar AS palsu sebanyak 796 lembar, dan 14 pucuk senjata api rakitan.

“Untuk ganja karena jumlahnya sangat banyak kita lakukan bertahap dan akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk pemusnahan. Rencananya dilakukan di pemusnahan limbah Indocement,” jelasnya.

reporterpratama

print

You may also like...