BKC Kota Bogor Gelar Ujian

PULUHAN peserta berteriak serentak mengikuti intruksi pelatih karate. Kurang lebih 400 peserta hadir dalam acara ujian kenaikan tingkat periode I tahun 2015 BKC Kota Bogor yang dipusatkan di SMA Negeri 4 Kota Bogor. Mulai dari usia dini, TK dan SD hingga kuliah dengan antusias mengikuti ujian yang dimulai pada pukul 8 pagi.

Ketua Umum Pengurus Besar BKC Pusat yang juga Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso hadir memberikan semangat.”Jagalah persaudaraan, jalani ujian dengan penuh semangat, jagalah kejujuran dan integritas. Mewakili pengurus besar saya mengucapkan terima kasih, kami sangat mengapresiasi ujian ini. Untuk semua peserta, selamat mengikuti ujian !” tegas Agus.

Sementara itu, Pembina BKC Kota Bogor yang juga Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, dalam sambutannya mengatakan, “ujian kenaikan ini adalh bentuk evaluasi bagi peserta dari masing-masing dojo. Kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah memberikan kepercayaan untuk kami mendidik dan membina khusus dalam kegiatan karate,” ujar Ade.

Dengan ujian kenaikan ini, menurut Ade, peserta juga bisa menjalin persahabatan dengan peserta lain di Kota Bogor. “mudah-mudahan kebersamaan dan kekeluargaan antara peserta, keluarga dan pengurus tetap terjaga untuk kepentingan BKC dan kota Bogor,” harap Ade. Lebih jauh, Ade merinci padda Porda 2014 di Bekasi atlet karate Kota Bogor, semuanya diwakili oleh BKC Kota Bogor. Hal ini membuktikan kualitas BKC menunjang kegiatan Pemerintah Kota Bogor dalam bidang olahraga khususnya karate.

Terkait kedatangan langsung Ketua Umum PB.BKC, Ade memberikan apresiasi karena di sela kesibukannya di level nasional, namun masih menyempatkan hadir untuk BKC Kota Bogor. “Kita harus bangga dengan kehadiran beliau. Semoga ini menjadi motivasi bagi seluruh pelatih karate di Kota Bogor untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan membina dan melatih. Yang terpenting adalah bagaimana anggota memiliki sikap dan perilaku yang baik. republik ini memerlukan orang-orang yang jujur, hebat dan mampu mempertahankan kebenaran sesuai dengan motto BKC. Kita bisa melihat contoh itu pada Ketua Umum PB.BKC,” tegas Ade.

Pada kesempatan ini, Agus melanjutkan dengan banyaknya cabang di seluruh Indonesia, BKC adalah wadah untuk membangun dan pembentukan karakter bangsa. Anggota BKC, kata Agus, adalah generasi penerus bangsa. Denganmemulai dari usia dini kita mampu menjadikan mereka generasi yang bisa membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa penuh integritas, kejujuran, punya keberanian, sederajat dengan bangsa lain.

BKC dengan Panca Dharmanya mengedepankan kejujuran dan integritas. Dengan olahraga maka generasi bangsa menjadi sehat, selain untuk bela diri namun bisa menambah kepercayaan diri. Selain fungsi utama untuk kesehatan, olahraga juga menjauhkan diri terutama anak-anak dan generasi muda dari hal-hal yang bersifat negatif dan destruktif merugikan,” kata Agus.

Sedangkan staf pelatih BKC Kota Bogor, Dedi Suharto menyatakan, ujian kenaikan tingkat ini diikuti kurang lebih 400 karateka dari dojo yang ada di Kota Bogor. Selain untuk regenerasi, ujian kenaikan tingkat (UKT) ini untuk melihat hasil belajar dan latihan karateka di masing-masing dojo.”ibaratnya, anak sekolah untuk mengukur hasil belajar adalah ujian nasional. Begitu pula di tempat kami, UKT dijadikan tolak ukur hasil latihan,” ujar Dedi. RP

print

You may also like...