Bangkitkan Ekonomi, JMI Bogor Raya Budidaya Ikan Nila

Pandemi Covid-19 sudah menahan laju perekonomian kurang lebih selama satu tahun terakhir. Inovasi dan kreasi menjadi tidak berjalan. Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) memiliki cara yang berbeda untuk mengajak Jurnalis dan masyarakat berdaya dan mendukung pemerintah, dalam memulihkan ekonomi nasional. Melalui pesan semangat Ayo Bangkit, JMI mengadakan pelatihan dan usaha ikan nila di Kampung Rawajati Kelurahan Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor pada Minggu (25/4/2021).

Ketua Umum (Ketum) JMI Firman Wibowo mengatakan, budidaya ikan nila yang ada di 10 kolam bioflok di Mekarwangi tersebut merupakan program perdana. Ketum yang akrab disapa Bowi ini berencana akan membangun kerja sama dengan pesantren, sekolah, dan lembaga.

“Ide ini berawal karena perubahan informasi dan bisnis media. JMI berinisiatif untuk membuat usaha pendamping bagi Jurnalis dan masyarakat. Saya yakin ini berhasil dan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Penasihat JMI Pratama D. Persadha mengapresiasi langkah JMI Kepengurusan periode ini karena dapat menciptakan kegiatan yang baru, dan memadukan sosial entrpreneur.

“Ini juga upaya yang bisa bermanfaat untuk banyak orang,” katanya.

Wakil Wali Kota Dedie A. Rachim  juga mengapresiasi  JMI. Menurut Dedie A. Rachim, langkah dari JMI merupakan salah satu upaya urban farming. Dedie menambahkan, di tengah lahan Kota Bogor yang sedikit, budidaya ikan nila melalui bioflok adalah inovasi yang baik.

“Pembudidayaan seperti ini adalah hal yang baik dan solusi di tengah pandemi. Semoga produk dari budidaya ini bisa banyak turunannya dan menciptakan makanan yang sehat,” jelas Dedie.

Kepada JMI, Pria yang akrab disapa Kang Dedie ini berharap JMI bisa maju terus. “Pesan saya kalau sudah maju ga boleh mundur. Dan saya berharap JMI juga bisa membuat Integrating Market,” pesannya.

Ketua JMI Bogor Raya Billy Adhyaksa yang menjadi tuan rumah kegiatan tersebut menjelaskan bahwa selain ada pelatihan dan usaha ikan nila di wilayahnya, JMI juga mengadakan berbagi bersama adik-adik yatim piatu.

“Kami dari JMI Bogor Raya merasa terhormat sekali mendapatkan amanah ini. Ini valuenya sangat luar biasa. Budidaya ini pasti bermanfaat untuk jurnalis di Bogor dan Indonesia,” katanya.

Ketua JMI Bogor Raya Billy juga menambahkan,  setelah lebaran JMI Bogor Raya akan memperluas budidaya ikan nila di empat titik dan bekerja sama dengan panti asuhan. Dan dalam waktu dekat, JMI Bogor juga akan mengadakan halalbihalal dengan mengusung Bogor Night Fishing atau mancing pada malam hari.

penulis Fauzi

editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *