Benda Ini Dikira Penglaris Warung, Ternyata…

ANDA yang sering makan di warteg atau warung-warung makan pinggir jalan, mungkin pernah memperhatikan ada bungkusan air menggantung di etalase menu yang disajikan. Banyak yang mengira bungkusan air semacam itu adalah syarat untuk penglaris.

Namun, jangan dulu salah sangka. Karena ternyata bungkusan air dalam plastik tersebut bukan itu fungsinya, melainkan merupakan alat pengusir lalat. Lantas, bagaimana bisa bungkusan air dalam plastik mengusir lalat? Apakah itu benar-benar bisa efektif mengusir lalat?

penglarisPerlu diketahui bahwa cara mengusir lalat dengan air dan kantung plastik ini tak hanya dilakukan di Indonesia saja. Masyarakat di luar negeri sana sudah lebih dulu melakukannya.

Jika dilihat dari sudut pandang sains, ternyata sangat masuk akal jika kantong plastik berisi air itu bisa mengusir lalat.
Pembiasan cahaya yang oleh air yang terbungkus plastik itu ternyata bisa membuat lalat menjadi bingung seperti menyaksikan fatamorgana. Sehingga mereka menjadi pusing dan pergi menjauh.

Mata lalat memiliki sudut pandang berbeda, tidak seperti mata manusia. Ada sekitar 3000 – 6000 mata pada setiap bulatan mata lalat. Mata tersebut tidak bisa fokus pada satu sudut pandang seperti mata kita.

Mata-mata itu menampilkan berbagai sudut pandang berbeda layaknya 3000 – 6000 monitor CCTV yang menampilkan pandangan berbeda. Jadi ketika lalat terkena pembiasan cahaya akibat bungkusan air mereka akan sangat tersiksa. Kemudian akan memilih untuk pergi meninggalkan area tersebut.

reporterasep

Sumber : Dream.co.id

print

You may also like...