Menguak Sejarah Bogor di Leiden Belanda

Walikota Bogor Bima Arya pamerkan desain Istana Bogor yang belum pernah terbangun kepada wartawan. Desain Istana Bogor pun didapat Bima dari Perpustakaan Leiden Belanda, sebagai satu-satunya  perpustakaan yang memiliki koleksi Indonesia terlengkap di dunia.

“Saya berangkat ke sana untuk mengumpulkan data-data dan sejarah Kota Bogor secara utuh. Sebab, masih banyak perdebatan atas hal-hal yang belum diketahui di Kota Bogor seperti soal ibukota, kerajaan pakuan pajajaran dan lainnya. Alhamdulillah, saya diundang Perpustakaan Leiden dengana biaya dari sana,”kata Bima.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor lanjutnya, memiliki kebutuhan untuk melengkapi hal-hal yang selama ini masih menjadi misteri di Bogor.

“Banyak hal-hal yang terkait dengan perencanaan kota itu semestinya dapat dibantu ketika kita mendapatkan data. Jadi saat itu kami berdialog dengan wakil dari Leiden. Kemudian membentuk tim dan membuat shopping list, apa saja yang bisa kita boyong dari Belanda. Kita mendapatkan akses tak terbatas untuk mencari atau memperoleh data di Leiden,” terang Bima.

reporterpratama

print

You may also like...