Dua Dalang Ramaikan Pagelaran Wayang Golek di Kertamaya

Jelang Hari Jadi Bogor ke-535, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor menggelar pertunjukan wayang golek di halaman kantor Kelurahan Kertamaya Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Sabtu malam (13/05/2017).

Wayang golek dengan tema ” Bersama Melestarikan dan Mengembangkan Seni Budaya Sunda, tersebut menampilkan kolaborasi 2 dalang. Yakni Dalang Dede Jaya Gumelar yang berasal dari sanggar Pusaka Medang Kamulan-Bogor berkolaborasi dengan Dalang Acam Suhendar S. dari sanggar Giri Pusaka.

Acara dapat dikatakan sangat jarang sekali diadakan itu dipadati ribuan masyarakat dari berbagai wilayah, warga yang sangat antusias ini merupakan satu bukti bahwa masyarakat sampai saat ini masih mencintai seni budaya sunda salahsatunya kesenian wayang golek.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor yang di wakili Kasi Seni Tradisi Nana Supriatna memaparkan, ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang di adakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bogor sekaligus guna melestarikan tadradisi budaya sunda, sehingga setelah adanya agenda rutin pagelaran wayang golek ini diharapkan banyak munculnya potensi dalang-dalang cilik yang ada di kota bogor yang dapat tumbuh dan berkembangnya seni tradisi yang muncul dari masyarakat itu keinginan untuk ikut saling mendorong melestarikan potensi seni tradisi itu sendiri.

“Ini merupakan agenda rutin taunan wayang golek, dalam rangka melestarikan tradisi dari sudut kacamata pewayangan, yang seama ini kita harapkan setiap tahun di gelar dan di gilir di setiap kecamatan ini salah satunya ada di kertamaya,” jelas Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, tiap tahun acara seperti ini akan terus digelar, karena pagelaran wayang golek bukan hanya hiburan semata tetapi mengandung esensi yang dimainkan dalang, dan juga banyak pilosofi dari wayang golek tersebut.

Untuk saat ini, lanjutnya, ada dua lokasi pelaksanaannya selain di Kkelurahan Kertamaya dan di kawasan Bogor Permai.

“Kami berharap dengan adanya digelarnya seni tradisi wayang golek di setiap perwakilan kecamatan yang ada di Kota Bogor, muncul potensi dalang-dalang cilik di Kota Bogor,” ujarnya.

ahmad jumaedi

print

You may also like...