TPA Galuga Bogor Diurug Sebagian

image

Sebanyak 500 personil gabungan dari Pemerintah Kota Bogor, Kodim 0606, Polri dan  TNI AU dari Pangkalan Udara Atang Sanjaya turun ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah Galuga, Kabupaten Bogor, Jumat (11/3/2016). Mereka menggelar “Aksi Bebersih” di lokasi pembuangan sampah milik Kota Bogor.

Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan program bebersih yang dicanangkan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. “Sesuai yang sudah dicanangkan, tahun 2016 adalah tahun bebersih. Dengan bebersih kita akan meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin. Kita akan kerahkan semua sumber daya yang dimiliki,” kata Ade.

image

Dandim  0606 Kota Bogor Letkol M. Albar menambahkan, kegiatan ini menjadi kerja bersama seluruh lapisan dan instansi untuk mendukung target yang telah dicanangkan. “Dengan kebersamaan akan didapat hasil yang lebih baik dibanding jika dikerjakan sendiri,” ujarnya.  

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor Irwan Riyanto mengatakan, personil yang turun pada aksi bebersih menutup sampah yang sudah tidak aktif dengan tanah. Lahan yang ditutup luasnya mencapai 1500 meter persegi dengan ketebalan 50 cm. “Kondisi yang ada tidak memungkinkan pengerjaannya dengan alat berat. Makanya kita pakai cara manual pengurugannya,” kata Irwan.

Para personil dibekali sejumlah alat tradisional seperti gacok, gerobak, pacul dan pengki. Enam bulan setelahnya, lahan tersebut akan ditanami 200 pohon. “Ada lahan yang sudah kita tanami dengan tanaman keras. Memang tidak semuanya hidup karena perawatan yang kurang,” ucap Irwan.

Selain itu, petugas juga mulai memasang pipa untuk mengeluarkan gas metan supaya tidak meledak. Ke depan, gas metan akan diolah menjadi energi dan bahan bakar. “Pengadaan alatnya baru tahun ini kita usulkan,” lanjut Irwan.#deni

print

You may also like...