Timor Leste Belajar Soal Hutan ke Bogor

image

Pemerintah Timor Leste ingin belajar mengenai pembangunan kebun raya serta pengelolaan hutan dari Indonesia. Sejumlah pejabat di Timor Leste pun mengunjungi pusat penelitian hutan di Bogor yakni Cifor Bogor Barat, Balitbang Kehutanan, serta Kebun Raya Bogor, Senin (24/8/2015).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, sudah saatnya Indonesia menjadi negara pemberi bantuan, bukan terus-menerus menjadi negara penerima bantuan. “Salah satu kementrian kita berencana memberikan kesempatan siswa-siswa Timor Leste untuk menimba ilmu kehutanan di sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan yang ada di kita,” ujar Siti.

Di unit kerja kehutanan Timor Leste, saat ini tercatat sudah ada 89 alumni SKMA. Bahkan, yang saat ini menjabat Direktur Jenderal dan staf ahli menterinya, merupakan lulusan Indonesia. Selain pendidikan kejuruan kehutanan, kementriannya juga telah memberikan pelatihan berbagai bidang teknis kehutanan untuk lebih dari 110 orang.

Dengan penelitian dan kunjungan ke tiga tempat di Bogor ini, mereka ingin mempelajari tentang kebun raya. Ke depan, Timor Leste pun ingin membangun kebun raya. Menko Bidang Ekonomi Timor Leste, Estanislu Aleixo da Silva sendiri mengatakan kerja sama sudah dilakukan sejak lama, masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara tetangga yang strategis untuk diajak bekerja sama. Apalagi, Indonesia memiliki hutan yang luas serta kebun raya yang dibangun sejak zaman Belanda. (Deni)

print

You may also like...