Tiga Daerah di Jawa Barat Kembali ke Zona Merah. Daerah Mana Saja?

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa tiga daerah terdiri dari 2 kota dan 1 kabupaten kembali masuk ke zona merah dari sebelumnya zona oranye.

Ketiga daerah itu adalah Kota Bogor, Kota Depok dan Kabupaten Bekasi. Pasalnya, ketiga daerah tersebut terjadi peningkatan jumlah warga terjangkit Covid-19.

“Minggu ini ada perubahan status. Daerah zona merah adalah Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, lalu dua-duanya Kota dan Kabupaten Cirebon,” kata Kang Emil dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Senin (28/9/2020).

Menurutnya, berdasarkan perkembangan terbaru kasus Covid-19 di wilayah Jawa Barat, Kota Bogor kembali masuk ke dalam kategori zona merah atau risiko tinggi.


Baca juga: Geger Gunung Salak Terbelah, Ini Kata BNPB


Padahal, selama sepekan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSMBK), status Kota Bogor masih bertahan di level oranye atau risiko sedang.

Dia mengatakan, Emil, selain Kota Bogor, wilayah lain yang juga mengalami perubahan status ke zona merah adalah Kabupaten Bekasi dan Kota Depok.

Merujuk data Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor per Senin ini, terjadi penambahan kasus harian pasien positif. Tercatat, ada 26 kasus baru yang terjadi hari ini.

Dengan penambahan itu maka akumulatif pasien positif Covid-19 di Kota Bogor mencapai 1.206 orang. Penambahan juga terjadi terhadap kasus pasien sembuh. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melaporkan, sebanyak 16 orang dinyatakan sembuh.

Total, saat ini jumlah pasien yang telah selesai isolasi atau sembuh sebanyak 843 orang. Sementara untuk pasien yang masih menjalani perawatan atau sakit sebanyak 317 orang. Untuk kasus kematian juga bertambah satu kasus baru sehingga sudah ada 46 orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Bogor.

Sumber: Kompas.com
Editor: Adi Kurniawan

print

You may also like...

Leave a Reply