Tahun Baru Islam, Kandaga Urang Sunda Sukses Gelar Pentas Seni hingga Zikir Akbar

Meski pawai obor yang awalnya akan digelar Kandaga Urang Sunda batal dilaksanakan karena tak mendapatkan izin dari kepolisian, namun acara peringatan Tahun Baru Islam 1444 hijriah yang diisi dengan zikir akbar dan pentas seni sunda yang berlangsung di Bumi Ageung Siliwangi Batutulis Kota Bogor, Sabtu (30/7/2022) berlangsung khidmat dan lancar.

Menurut Ketua Kandaga Urang Sunda Shahlan Rasyidi, kegiatan peringatan tahun baru Islam tetap dilaksanakan dengan  pentas seni sunda, kesenian Islam dan  zikir akbar.

“Alhamdulillah  kegiatan yang kami laksanakan sejak pukul 09.00 pagi hingga malam, acara berlangsung lancar dan khidmat. Kami haturkan terima kasih kepada para pendukung acara dari berbagai sanggar seni, perguruan silat, pondok pesantren  Nurul Fata pimpinan Al Habib Hasan Al Attas dan juga kepada inohong-inohong sunda dari berbagai daerah, sehingga acara berjalan lancar,” kata Shahlan.

Sementara itu Sekjen Kandaga Urang Sunda R Gugum Gumelar mengaku, meski kegiatan yang awalnya akan digelar pawai obor batal, dan dilanjut dengan kegiatan lain. Namun inti dari kegiatan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam dapat berjalan tanpa ada ekses.

“Jujur kalo kecewa karena pawai obor dilarang dengan alasan tak jelas, kami kecewa. Karena itu kegiatan rutin umat Islam dalam menyambut Tahun Baru Islam, bahkan Pemkot Bogor juga menggelar kegiatan pawai obor. Namun untuk mengurangi kekecewaan warga, alhamdulillah kami tetap gelar pentas seni sunda dan seni keIslaman, dan ditutup dengan zikir akbar,” kata Gugum.

Menurut Gugum, sedikitnya ada banyak sanggar seni sunda dan perguruan silat yang tampil mengisi acara peringatan 1 Muharam 1444 H tersebut. Bahkan tak sedikit ummat Islam di sekitar lokasi  yang ikut menonton pentas seni hingga zikir akbar.

“Meski sempat gerimis kecil, namun tak menyurutkan warga untuk mengikuti kegiatan zikir akbar yang dilaksanakan pada malam hari tersebut. Alhamdulillah berjalan lancar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Panitia, Jejen Zenal, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengisi acara, pengurus Kandaga Urang Sunda dan khususnya panitia yang telah bekerja keras menyiapkan kegiatan ini hingga berjalan dengan lancar.

“Ini bukti bahwa Kandaga Urang Sunda bisa melaksanakan kegiatan dengan guyub. Alhamdulillah ini kegiatan ke 3 kami, sejak April 2022 kemarin. Insyaallah, kami akan makin solid,” katanya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

 

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *