Survey Sampah, Ratusan TFL 3R Kunjungi Kota Bogor

Ratusan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) 3R se-pulau Jawa dan Kalimantan, Senin (29/6) sore kunjungi Kota Bogor. Tujuan rombongan TFL (3R) ini menurut Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Pengelolaan Sampah (PTPS) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor Lusi Nurbaiti Badri dilakukan dalam rangka mempersiapkan serta meningkatkan kualitas Tenaga Fasilitator Lapangan (3R).

Dikatakan Lusi rombongan TFL (3R) terbagi menjadi 6 kelas dimana setiap kelasnya berjumlah 43 orang. Masing-masing kelas akan melakukan survey di 6 Pasar yang ada di Kota Bogor seperti diantaranya Pasar Bogor, Pasar Gunung Batu, Pasar Jambu Dua, Pasar TU, Pasar Sukasari dan Pasar Merdeka.

“Peserta Tenaga Fasilitator Lapangan 3R setibanya di Kota Bogor akan langsung menyebar ke enam lokasi tersebut,” kata Lusi. “Mereka selanjutnya akan membagi kelompoknya untuk melakukan survey sampah hulu dan hilir di Mall, perumahan teratur dan perumahan tidak teratur (kumuh),” lanjutnya.

Sementara itu, menurut ketua kelompok yang melakukan survey di Pasar Bogor Suharto, hari ini dia bersama peserta TFL lainnya hanya melihat timbulan sampah yang ada di masyarakat. “Sampah dari rumah tangga berapa jumlahnya, kemudian dipilah organik dan anorganiknya lalu ditimbang lagi,” papar Suharto Suteyo. “Hari ini, kami hanya melakukan survey sampah lalu kembali ke Jakarta (Lani /Tria)

print

You may also like...