Stok Barang dan Kenaikan Harga Aman

Sehari menjelang bulan Ramadhan 1436 H, Rabu (17/6), Walikota Bogor Bima Arya bersama unsur Muspida dan Sekda Kota bogor melakukan sidak ke Pasar Bogor. Sidak kali ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya harga serta stok ketersediaan sembako.

Dalam sidaknya, Bima memulai dengan menanyakan harga daging sapi dan daging ayam. Seorang pedagang sapi, Endang Gepeng mengaku, “Stok daging aman dan harga per kilo Rp 110 ribu.” Sedangkan H.Feri, pedagang ayam potong mengatakan, “Stok daging ayam juga aman dengan harga jual Rp 32 ribu perkilo,” kata Feri

Demikian juga beras, ketersediaanya aman, dan kenaikan harganya masih dalam batas normal. “Ada sedikit kenaikan sebesar Rp 200 perkilo,” kata Ahmad pedagangan beras. Sementara itu harga bumbu dan cabe juga masih relatif normal.

Menurut Bima, kenaikan beberapa komoditi seperti daging sapi, daging ayam dan cabai merah terkait tingginya permintaan masyarakat, sehari menjelang Ramadhan. “Secara keseluruhan harga masih relatif wajar, stabil. Untuk stok beras selama Ramadhan terbilang aman, saya meminta kepada Disperindag untuk terus memantau stok dan kenaikan harga, agar jangan sampai naik di luar batas kewajaran,” katanya.

“Tiga hal penting untuk menjamin kebutuhan masyarakat selama Ramadhan, yaitu harga di pasar, jalur distribusi dan ketersediaan stok. Saya juga tegaskan, jangan coba bermain-main sebagai penimbun, karena sangsinya tegas, denda Rp 50 milyar dan 5 tahun kurungan,” tegas Bima. Sidak selanjutnya akan diadakan pertengahan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. (rahmat,rijal/fotogus)

print

You may also like...