Siswa SDN Cibadak Terancam Atap Roboh

sekolah-ambruk #deny hendrayanaMeski dari luar tampak kokoh, bangunan SDN Cibadak ternyata mengancam jiwa para muridnya. Pada saat hujan, murid terpaksa diungsikan karena takut bangunan roboh.

Kepala Sekolah SDN Cibadak Diah Nur Erani, Rabu (2/3/2016) mengatakan kerusakan bangunan di lantai atas gedung SD mereka sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, belum ada upaya dari pemerintah untuk memperbaiki gedung tersebut.

“Tiap tahun kita perbaiki dikit-dikit yanag rusak, mulai dari atap hingga ternitnya. Tapi namanya kena rayap. Diperbaiki yang satu, rusak yang lainnya. Begitu terus,” kata Diah.

Saat ini, kegiatan belajar mengajar di SD ini selalu terkendala hujan. Setiap hujan, murid pasti diungsikan ke bangunan di lantai bawah karena takut roboh. “Tiangnya juga sudah lapuk. Makanya takut tiba-tiba roboh kalau hujan disertai angin,” ucap Diah.

Sementara, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang datang ke lokasi mengatakan perbaikan gedung SDN Cibadak sudah masuk dalam perencanaan perbaikan tahun ini. “Tahun ini ada dalam rencana perbaikan,” kata Bima.

Menurut dia, dari 226 SDN yang ada di Kota Bogor, sekitar 100 sekolah direncanakan akan diperbaiki tahun ini. Sekolah yang mendapat anggaran perbaikan gedung, lanjut Bima mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga berat. Meski demikian, dipastikan sebagian besar perbaikan untuk kerusakan ringan.

Anggaran yang digunakan yakni APBD Kota Bogor dan dana alokasi khusus. “Untuk kerusakan ringan sebenarnya bisa pakai BOS,” ucap Bima. Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Kota Bogor Irfah mengatakan jumlah sekolah yang akan diperbaiki tahun ini masih dalam tahap verifikasi ulang.

“Yang rusak ringan banyak. Soal jumlah belum bisa disebutkan. Maret ini baru mau ekspos perencanaan dan mapping mana saja yang harus diperbaiki,” tutur Irfah. #Deni

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *