Selewengkan Dana BST, Staf Desa Dibui

Seorang staf desa dengan jabatan Kasi Pelayanan Desa diamankan jajaran Sat Reskrim Polres Bogor, pasalnya pria bernama Lukman Hakim ini diduga telah menyelewengkan dana Bantuan Sosial Tunai (BST).

Menurut informasi, total uang bantuan sosial tunai yang ddiduga diselewengkan sebesar Lima Puluh Enam Juta Rupiah. Sebelumnya petugas mendapat laporan dari warga Desa Cipinang Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat, tentang adanya dugaan penyelewengan dana bansos yang dilakukan oleh staf desa yang menjabat sebagai kepala seksi pelayanan masyarakat.

Berdasarkan laporan warga, petugas kemudian melakukan penelusuran dan menyelidikinya. Hingga pelaku diamankan.

Awalnya pelaku tidak mengakui, hingga polisi kemudian membuktikanya dengan cara menunjukan data ganda milik warga,  serta memeriksa Lima Belas orang saksi.

Modus pelaku dalam menyelewengkan dana bansos ini adalah dengan mencatat nama penerima bantuan yang sudah meninggal dan sudah pindah alamat.

Menurut Kapolres Bogor Akbp Harun, pengakuan pelaku mendapat uang sebesar 66 juta setiap menerima dana bansos. Kemudian dibagi dua dengan kurir bansos lainya.

Akibat ulahnya, pelaku dijerat undang undang tentang dana sosial dengan ancaman pidana maksimal lima tahun kurungan.

“Pelaku kini mendekam dalam sel tahanan polres bogor,” tegasnya.

Penulis Asolihin

Edtor aldho herman

print

You may also like...