Presiden Jokowi Nilai Cara Ini Lebih Efektif Tekan Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan mini lockdown atau intervensi berbasis lokal akan lebih efektif untuk menekan penularan virus corona atau Covid-19 daripada harus melakukan lockdown besar-besaran, seperti satu kota, satu kabupaten, atau satu provinsi.

Mantan Wali Kota Solo itu menilai mini lockdown yang berulang itu akan lebih efektif. “Jangan sampai kita generalisasi satu kota atau satu kabupaten atau satu provinsi. Ini akan merugikan banyak orang,” katanya saat memimpin rapat terbatas dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Oleh karena itu, ia meminta KPCPEN untuk terus menerapkan pembatasan sosial berskala mikro berdasarkan intervensi berbasis lokal. KPCPEN harus menyampaikan kebijakan ini kepada seluruh pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

“Yang berkaitan dengan intervensi berbasis lokal, ini terus saya sampaikan sekali lagi kepada komite, bahwa intervensi berbasis lokal ini agar disampaikan ke provinsi, kabupaten, dan kota,” ujarnya.

Artinya, mereka melakukan pembatasan sosial berskala mikro, baik di tingkat desa, kampung, RW, RT, kantor, atau pondok pesantren. “Saya kira ini lebih efektif,” tegasnya.

Sumber: BeritaSatu.com
Editor: Adi Kurniawan

print

You may also like...