Mulut Buaya Dilakban, Sempat Dikira Siluman

Petugas-damkar-bpbd-kota-bogor

Gegernya penemuan seekor buaya yang tiba-tiba muncul di sungai Cisadane, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, memunculkan banyak sepekulasi. Terlebih menurut Ade Kurniawan, (saksi) ada yang aneh di bagian tubuh buaya tersebut, saat pertama kali dilihatnya. 

Awal keberadaan buaya tersebut diketahui oleh  Ade dan warga setempat lainnya yang sedang memancing ikan di bibir sungai, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (22/6/2022). Tiba-tiba Ade melihat ada buaya di dalam air, sontak dirinya memberitahu temannya yang juga sedang mancing.

“Saya kan lagi mancing neh sama kawan, dia (buaya) turun dari pojokan sana, awalnya disangka biawak. Terus maju nyebrang sampai sini, nongol. Ternyata buaya,” kata Ade, Kamis (23/6/2022).

Menurut pria berusia 30 tahun itu, buaya besar yang diperkirakan berukuran 1 meter lebih berwarna kekuningan itu sempat dikira buaya jadi-jadian (siluman), lantaran pada bagian moncong mulutnya seperti dilakban.

“Sempat kita kejar-kejar juga, tapi masuk ke air, entar naik, masuk lagi. Akhirnya kami melihat lagi buaya di atas batu sekira pukul 16.00 WIB. Bahkan sempat direkam warga dari atas jembatan. Ini pertama kalinya kita lihat ada buaya di sini,” katanya.

Baca juga

Penampakan Buaya di Cisadane, Warga Pamoyanan Geger

Petugas gabungan dari Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor dan relawan yang diterjunkan ke lokasi untuk mencari dan menangkap buaya tersebut, belum menemukan keberadaannya.

“Ada kurang lebih 30 petugas gabungan yang dilibatkan dalam pencarian buaya ini. Mudah-mudahan bisa tertangkap buayanya,” kata Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan pada Dinas Damkar Kota Bogor, Ade Nugraha ditemui di lokasi.

Petugas menyiapkan jebakan buaya dengan menggunakan jaring dan pemberian umpan ayam.

“Alternatif terakhir kita siapkan senapan bius apabila memang sulit untuk dievakuasi dengan cara menggunakan jaring atau ditangkap langsung,” kata Ade.

Pantauan kabaronline di lokasi, sampai dengan pukul 13.00 wib, buaya belum juga ditemukan.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *