Langgar SOP, 7 Sopir Biskita Dipecat

biskita

Sedikitnya 7 supir Biskita Transpakuan Kota Bogor diberikan sanksi tegas berupa pemecatan, lantaran dianggap melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan.

Hal  tersebut dibenarkan Manager Biskita Transpakuan, Gery Widiana Lutpi. Menurutnya pemecatan 7 supir atau pramudi Biskita Transpakuan tersebut dilakukan, setelah diketahui pramudi tidak menjalankan SOP yang sesuai ketentuan. Bahkan
sampai terjadi pelanggaran lalu lintas atau kecelakaan.

“Saat ini pengemudi yang sudah melalui proses pemecatan ada sekitar 7 orang dari per tanggal 24 Januari 2022. Pelanggarannya kebanyakan kecelakaan. Nah kita tidak bisa mentolerir hal seperti itu karena Biskita di Kota Bogor tujuanya untuk memberikan pelayanan, jadi tidak bisa juga pengemudi ini mengendarai kendaraan sampai merugikan pihak lain,” tegas Gery.

Gery menambahkan, sebelumnya pramudi diberikan terlebih dahulu surat teguran atau SP 1 sampai 3 dari manajemen, karena masih melanggar akhirnya diberikan sanksi pemecatan.

“Kalau masih melanggar juga, baru kita tindak tegas berupa pemecatan. Setiap unit Biskita kan ada CCTVnya jadi dari situ kita bisa liat kronologi kejadiannya dan bisa ambil analisa secara objektif dengan pengemudi. Kalau memang terbukti membuat pelanggan baik itu pelanggan kecil atau besar tetap ada sanksinya,” tuturnya.

Jika terjadi kecelakaan saat mengendarai unit Biskita Transpkauan, lanjut Gery,  pihaknya sudah menyiapkan tim khusus (timsus) untuk menangani permasalahan-permasalahan kecelakaan yang dialami pramudi Biskita Transpakuan.

“Ketika terjadi satu kesalahan baik itu ringan maupun berat, pengemudi itu harus berhenti dulu sambil melapor situasinya. Kemudian nanti timsus laka dari Biskita akan langsung meluncur ke TKP untuk mengurus kejadiannya dan segala macam kebutuhannya, dengan tujuan agar sisi kemanusiaannya teratasi dengan cepat, terus yang kedua penumpang yang ada di dalam bus bisa tetap melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Pihak perusahaan pun  setiap bulan pihaknya selalu melakukan pembinaan kepada seluruh pramudi Biskita Transpakuan supaya mereka bisa tetap melakukan pelayanan sesuai SOP yang sudah ditetapkan.

“Termasuk pengawasan, kami dilakuakan setiap hari melalui CCTV dan kalau ada pramudi yang mengantuk, kita juga langsung melakukan peneguran. Jadi real time. Pramudi Biskita ini sudah memiliki sertifikasi yang jelas,” ujarnya.

Penulis Pratama

Editor Aldho Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *