IPAL dan MCK Komunal Sindang Sari Masih Terawat Baik

Di antara 4 wilayah yang berada di Bogor Timur yang telah membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan MCK Komunal, kelurahan Sindang Sari boleh berbangga. Karena kondisi IPAL dan MCK komunal pasca satu tahun, masih dalam kondisi yang baik. Hal ini terpantau oleh Walikota Bogor, Bima Arya yang melaksanakan monitoring dan evaluasi di Kelurahan Sindang Sari, Bogor Timur, pada Senin (29/6)

Dalam pantauan, Bima menuturkan rasa bangganya atas perawatan yang telah dijalankan oleh warga sekitar dengan pengawasan dari pihak kelurahan maupun kecamatan. “Alhamdulillah, sejak setahun lalu diresmikan instalasi MCK Komunal di Kelurahan Sindang Sari masih terawat dengan baik, masih terlihat bersih. Pipa saluran gasnya pun terlihat masih terawatt dengan baik,” kata Bima.

Bima juga mengharapkan, keberhasilan sistem IPAL MCK Komunal dapat memberikan manfaat bagi banyak warga yang bermukim dekat instalasi pengolahan tersebut. “Semoga manfaat dari MCK Komunal ini dapat dirasakan oleh warga yang lain, tidak hanya 1 atau 2 kepala keluarga,” ujar Bima.

Terkait penyebaran biogas yang belum merata, sambung Bima, hal ini disebabkan belum adanya penampung atau tandon. Pada saat yang sama, warga berharap Pemerintah Kota Bogor untuk membantu dalam penyediaan Tandon. Tidak lupa Bima mengharapkan untuk wilayah lain yang telah membuat IPAL MCK Komunal agar merawat dengan baik. “Semoga prestasi dan keberhasilan Kelurahan Sindang Sari dapat memotivasi bagi daerah lain yang sudah memiliki sistem MCK Komunal agar dirawat dengan baik, sehingga memberikan manfaat bagi warga secara luas,” harapnya. (Rahmat/cikal/Foto: gus/reffi) editor: ARW

print

You may also like...