Ini Pesan Ecky : Tetap Jaga Kesehatan dan Stabilitas Kebangsaan

Pandemi tak jadi penghalang bagi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) H. Ecky Awal Mucharam melakukan sosialisasi empat pilar bangsa kepada masyarakat di Kota Bogor beberapa waktu lalu.

“Sosialisasi empat pilar bangsa ini adalah tugas anggota MPR-RI agar masyarakat semakin memahami dan menyadari akan ideologi negara dan ini adalah bentuk perhatian negara terhadap warga negara sehingga masyarakat tidak lupa dengan ideologi negaranya” jelasnya.

Apalagi Indonesia merupakan bangsa yang besar, dengan beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat, agama dan budaya. dengan demikian warga negara harus dapat memaknai empat pilar kebangsaan agar sebagai anak bangsa dapat menempatkan diri secara proporsional dalam kehidupannya sehingga stabilitas berbangsa dan bernegara tetap terjaga.

Ecky lebih lanjut menerangkan ke-empat pilar kebangsaan kita terdiri atas Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tuggal Ika sebagai semboyan Negara.

Ecky juga menyoroti semakin dinamisnya kehidupan berbangsa dan bernegara di era globalisasi dan tentu disaat pandemi ini. Arus informasi dan budaya mengalir deras melalui berbagai sarana yang ada. Menurut Ecky hal tersebut harus diantisipasi agar jangan sampai jatidiri bangsa menjadi luntur.

“Liberalisasi sebagai efek dari Globalisasi menjadi unsur negatif bila jatidiri bangsa belum kuat. Oleh karena itu pengukuhan terhadap nilai-nilai dasar nasionalisme yang telah dibentuk sejak zaman perjuangan kemerdekaan merupakan hal yang esensi untuk dikembangkan sebagi upaya mengisi makna kemerdekaan,” urai Ecky.

Selain itu ditengah – tengah pandemi Covid19 yang masih bertahan sampai saat sekarng ini, Ecky juga mengingatkan masyarakat “untuk selalu disiplin dengan protokol kesehatan yakni memakai masker, rajin mencuci tangan dan saling menjaga jarak. Sehingga kita semua bisa melewati masa pandemi ini dan selalu diberikan kesehatan, karena ini adalah tugas kita bersama dengan pemerintah” tutup Ecky.

Rls

print

You may also like...

Leave a Reply