Indonesia Targetkan 80 Ribu Wisatawan dari Vietnam Tahun Ini

Jakarta, CNN Indonesia — Hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam kian erat dari tahun ke tahun. Pemerintah Indonesia pun berencana menggaet warga Vietnam untuk lebih memahami Indonesia lewat jalur pariwisata.

Duta Besar RI untuk Vietnam, Mayerfas mengklaim Vietnam sebagai mitra nomor satu Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Ia pun berencana menggaet warga Vietnam untuk lebih mempererat hubungan bilateral kedua negara melalui jalur pariwisata.

“Target kami tahun ini 80 ribu wisatawan dari Vietnam pergi ke Indonesia. Jadi, dua kali lipat dari tahun lalu yang mencapai sekitar 40 ribu,” ujar Mayerfas di Jakarta, Kamis (25/6).

Wisatawan tersebut, Mayerfas katakan, tidak hanya ditargetkan kepada warga Vietnam saja, tetapi juga terhadap warga asing yang berdomisili di Vietnam. Menurutnya, sejumlah warga asing ini banyak yang berwisata di negara kawasan Asia Tenggara, seperti Thailand dan Malaysia.

“Setidaknya sekitar 200 ribu orang asing yang berdomisili di Vietnam pergi ke Bangkok dan Kuala Lumpur tiap tahunnya, terutama pada hari libur dan musim panas. Jadi, kami ingin menarik mereka supaya ke Indonesia,” ujar Mayerfas.

Sejauh ini, tujuan utama yang menjadi daya tarik wisatawan Vietnam di Indonesia di antaranya adalah Jakarta, Yogyakarta dan Bali. Keberadaan penerbangan langsung dari Vietnam ke Indonesia, Mayerfas akui, sangat membantu mendorong tercapainya target tersebut.

Selain mendorong wisatawan ke Indonesia, Mayerfas juga ingin agar warga Indonesia lebih banyak lagi pergi ke Vietnam. “Kami melihat sejauh ini Indonesia belum melihat perkembangan di Vietnam,” ujarnya.

Pada tahun lalu, Mayerfas mencatat sekitar 100 ribu WNI pergi berwisata ke Vietnam. Umumnya, mereka memilih berkunjung ke Hanoi, Ho Chi Minh, Da Nang dan Na Chang.


(mer)

:>cnnindonesia

print

You may also like...