Es Goyang Yayat Siap Menggoyang

image

Kesan pertama ketika menemukan penjual Es Goyang pinggir jalan, mungkin sedikit aneh. Karena cara membuatnya hanya dengan cara menggoyang-goyangkan grrobaknua.

Pembeli pun dapat membelinya dengan harga sangat terjangkau, 1000 Rupiah. Jajanan yang satu ini memang jajanan yang ada sekitar 20 tahun lalu.

Walaupun jelas penjualnya berubah, bentuk gerobak, cita rasa tidak berubah sama sekali.

Pedagang Es Goyang asal garut Yayat mengaku dari tahun 1982 datang ke Bogor untuk berjualan Es goyang.  Awalnya orangtua yayat yang jualan Es goyang diBogor, dulu Es goyang ini salah satu makanan pavorite masyarakat Bogor.

Nama Es goyang bukan karena sehabis makan es ini pembelinya goyang goyang, ataupun malah penjualnya yang goyang-goyang, Penamaan Es Goyang itu karena dalam membuat es ini perlu menggoyangkan gerobaknya secara perlahan-lahan.

Menurut yayat jika tidak digoyang bahan atau adonan Es yang dimasukan kedalam cetakan es goyang di dalam gerobak tersebut tidak akan jadi Es. Bahan es goyang berupa santan kelapa, perasa makanan, gula pasir dan bahan utamanya yaitu tepung hunkue.

“Katanya sih tepung hunkue ini sejenis tepung yang berasal dari kacang hijau. Tepung ini masih bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional di kota Bogor ini,”papar Yayat.

Alhamdulillah meski jaman mulai berganti modern makanan semakin bermunculan yang lebih enak dan istimewa, di restoran dan cafe jajanan anak muda Es goyang masih menjadi primadona untuk kalangan penikmat Es di Bogor dari mulai anak anak sampai orang dewasa, yang pasti Es goyang bisa memenuhi kebutuhan dapur dan biayayi tiga orang anak saya di garut.”tutup yayat.|yuda|

print

You may also like...