Kepala Bidang (Kabid) Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas pada Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Agus Suprapto, Senin (07/03/16) menjelaskan maksud dari diterapkannya SSA (sistem satu arah), yakni untuk meningkatkan kapasitas jalan utama (sekeliling KRB).
Selain itu, masih kata Agus, SSA juga untuk meningkatkan kapasitas jalan pendukung (alternatif). SSA juga, lanjutnya, guna meningkatkan kelancaran lalu lintas (mengurangi kemacetan lalu lintas).

“Yang terakhir yaitu untuk meminimalisasi penyebab kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” kata Agus.
Ia juga memaparkan, SSA juga memiliki sejumlah tujuan. Diantaranya, dikatakan Agus, yaitu untuk peningkatan kecepatan lalu lintas, peningkatan waktu tempuh yang berimbas pada penghematan waktu perjalanan, dan peningkatan keselamatan pengguna jalan yaitu para pengendara dan pejalan kaki.
Meski demikian, masih kata Agus, SSA ini juga memiliki beberapa kerugian dimana pengguna jalan memutar untuk mencapai tujuannya.
“Kerugian dari SSA juga akan menambah biaya perjalanan dan membingungkan. Ini bagi pendatang baru apabila informasi mengenai fasilitas lalu lintas tidak jelas,” ujarnya.
Namun begitu, tuturnya, Pemkot Bogor dan DLLAJ khususnya akan berupaya seoptimal mungkin agar SSA ini dapat berjalan baik sesuai jadwal yang telah direncanakan dan diprogramkan. Salah satunya adalah dengan secara masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. #Raditya