Desa Tapos 1 Bogor Optimis Juara Nasional

Jelang persiapan lomba desa wisata yang diikuti 10 kompetitor terbaik tingkat nasional, Desa Tapos 1 optimis menjadi juara. Pasalnya, Sumber Daya Manusia (SDM) dan berbagai seni budaya, potensi wisata(Cagar Budaya/Situs) serta kuliner lokal menjadi salah satu target unggulan desa tersebut.

 Dikatakan Ketua Panitia Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, Hendy, faktor optimis didalam meraih sebagai juara diyakininya, lantaran SDM dan beberapa yang menjadi sorotan sangat mendukung.

“Yang paling esensi sekali adalah dari wisata itu sendiri. Seperti kearipan lokal dan kebetulan disini masih bernuansa perdesaan yang masih asri. Ditambah masyarakat disini sekarang sudah sadar akan wisata, dan gelar pesona sepeti kebersihan lingkungan. Peran masyarakat adalah sebagai owner,”ujarnya kepada kabaronline, Senin (01/09/14).

Didalam perlombaan tersebut, rumah warga yang ditunjuk untuk dijadikan Home stay atau rumah singgah untuk wisatawan memang ditata secara profesional seperti halnya vila atau hotel sungguhan. Sementara, menurut Kepala Desa Tapos 1, Oo Kosasih hal ini menjadi suatu kebanggan tersendiri karena masuk kedalam lomba desa wisata hingga masuk 10 besar nasional.

“Ini murni dari swadaya masyarakat. Untuk itu saya optimis bahwa Desa Tapos 1 akan raih juara,” tuturnya. Jika dilihat dari potensi wisata, Tapos 1 memang memiliki banyak wisata yang menjadi unggulan, seperti Danau Tenjolaya Park, Curug Ciputri, Buper Gunsal, Situs Punden Berundak Cibalay serta berbagai wisata lainnya. Erc/Ec

print

You may also like...