Cegah Penularan Covid, 12 Warga Bogor Dievakuasi

Bus Sekolah Kota Bogor saat mengevakuasi 12 warga Perumahan Griya Melati Bubulak yang akan diisolasi di BKPP Ciawi.

Perkembangan baru paska ditemukannya sejumlah warga di Perumahan  Griya Melati Bubulak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor yang positif covid 19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, melalui Satgas COVID-19 Kota Bogor bersama Polresta Bogor Kota, melakukan evakuasi terhadap 12 warga ke pusat isolasi BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor agar tidak terjadi lagi penularan, Sabtu (22/5/2021) malam.

Menurut Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, sebelumnya ada 38 orang warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Perumahan Griya Melati, kemudian bertambah 12 orang yang langsung dievakuasi ke Pusat Isolasi Pemkot Bogor di BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor, dan 1 orang dirawat di RS.

“Malam ini kami evakuasi warga yang terkonfirmasi positif ke BPKP Ciawi menggunakan bus pelajar milik Pemkot Bogor. Kami juga mengingatkan warga agar terus menggunakan masker, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun,” kata Dedie melalui pesan video yang diterima redaksi kabaronline.co.id semalam.


Baca juga: Terpapar Covid, 25 Warga Perum Griya Melati Bubulak Diisolasi


Dievakuasinya 12 warga ke pusat isolasi tersebut, lanjut Dedie, setelah dilakukan berbagai pertimbangan dan rekomendasi tim covid 19 Kota Bogor.

“Kondisi rumah yang kurang aman, karena bercampur dengan yang sehat. Atau seluruh anggota keluarga positif seluruhnya, dan pertimbangan lain. Agar tidak ada lagi penularan kepada yang negatif,” katanya.

Ditanya apakah ditemukan virus covid 19 varian baru, Dedie menegaskan bahwa tidak ditemukan virus covid 19 varian baru seperti di India.
“Hasil swab test warga yang terkonfirmasi positif, hasilnya tidak ada yang berkaitan dengan virus jenis varian baru,” jelasnya.
Lebih lanjut Dedie menambahkan, selain mengevakuasi ke 12 warga, tim Satgas COVID-19 juga secara rutin membersihkan seluruh komplek dan melakukan penanganan sterilisasi terhadap sampah-sampah dari warga di Perumahan Griya Melati Bubulak.
“Petugas rutin melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh area perumahan, bahkan sampah-sampah warga diperiksa dan disterilisasi,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, belum sepekan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah berlalu, warga Kota Bogor dikejutkan dengan kabar puluhan warga Perumahan Griya Melati Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, terpapar Covid-19.

Menurut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bogor Barat Irman Khaerudin, ada 25 warga perumahan Griya Melati Bubulak yang terpapar Covid-19.

“Betul, ada 25 warga yang terpapar covid 19, bukan 32 orang. Diduga berawal dari satu orang yang baru kembali dari luar kota, berjenis kelamin perempuan. Itu juga sebelum lebaran ya,” kata Irman.

penulis pratama

editor Herman

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *