BPPT-PM dan Dispenda Dinilai Memuaskan

Fotobppt1Dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memperoleh hasil memuaskan berdasarkan hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tahun 2015 lalu.

Kedua dinas ini adalah Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) serta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM). Keduanya mendapatkan nilai IKM yang sangat memuaskan dari masyarakat dengan rata-rata nilainya A dan B.

Berdasarkan hasil survey IKM pada Dispenda contohnya, dari tujuh jenis layanan diketahui angka IKM-nya rata-rata berada di angka 80an atau dengan nilai IKM A (Sangat Baik). Bahkan tidak sedikit juga jenis layanan yang mendapatkan nilai IKM A+.

Seperti pada jenis layanan Reliability yang berupa ketepatan jam pelayanan dan kejelasan informasi misalnya, angka IKM-nya masing-masing mendapatkan 91,32 (A) dan 94,87 (A+). Begitu pun halnya dengan jenis pelayanan Responsiveness, pada jenis layanan kecepatan petugas dalam menyelesaikan masalah angka IKM-nya 94,87 (A+).

Sedangkan di BPPT-PM pun hasilnya tak kalah memuaskannya. Pada jenis layanan Bidang Ekonomi contohnya, nilai IKM yang berhasil ditorehkan mendapatkan penilaian Sangat Puas dengan persentase sebesar 60,64 persen. Begitu pun halnya untuk jenis pelayanan di Bidang Penanaman Modal, nilai IKM-nya juga Sangat Puas dengan persentase nilai sebesar 72,22 persen.

Atas raihan prestasi ini pun membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan apresiasinya, seperti yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kamis (24/03/16).

Dirinya pertama sekali menyampaikan selamat kepada Dispenda dan BPPT-PM yang telah mendapatkan nilai IKM dengan hasil sangat memuaskan tersebut dan telah dengan berani dinilai secara objektif oleh lembaga lain.

“Yang kedua, tentunya kedua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini tidak boleh berbangga diri. Dan ini harus menjadi rujukan untuk terus pula dipertahankan dan ditingkatkan lagi kepentingan pelayanannya kepada masyarakat,” kata Sekda.

Sementara kepada SKPD pelayanan publik lain yang belum mencapai nilai IKM yang baik, Sekda berpesan agar harus meningkatkan pelayanannya. “Bagi yang belum disurvey juga agar melakukannya juga. Ini supaya ada motivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya. #Raditya

image_pdfimage_print
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *