Bogor FYP Tarik Minat Wisatawan ke Kota Bogor

Suksesnya rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 543 tak lepas dari berbagai event yang disiapkan panitia. Salah satunya yang menyedot banyak perhatian adalah Awarding Day Bogor For You Page (FYP) 2025. Awarding Day Bogor FYP bukan hanya mengapresiasi karya-karya kreatif seputar Kota Bogor, namun juga bisa membuat wisatawan tertarik ke Kota Bogor.
Seperti dikatakan Ketua Panita HJB ke 543, Rino Indira Gusniawan. Menurutnya Awarding Day Bogor FYP 2025 bukan sekadar kompetisi biasa, namun upaya untuk menarik minat wisatawan datang ke Kota Bogor.
“Dari awal temanya HJB ini ‘memelihara bumi’ maka bumi akan memelihara kita bahkan kita akan sejahtera semua. Berangkat dari konsep itu, tujuan utamanya bahwa kita ingin mendorong ekonomi Kota Bogor supaya jauh lebih baik, sebab industri wisata terkena dampak dari efisiensi anggaran seperti perhotelan, wisata dan sebagainya,” kata Rino.
Bogor FYP dibuat sebagai cerita tentang kebanggaan Bogor, lanjut Rino, jadi bukan sekadar kompetisi, melainkan sebuah event yang bisa menjadi magnet bagi wisatawan bahwa Bogor itu nyaman, surga kuliner dan lainnya.
“Makin banyak konten kreator yang membuat cerita tentang Kota Bogor, maka diharapkan dapat menarik minat wisatawan. Adapun kategori yang dikompetisikan baik di media sosial ada enam kategori yakni Ter-Bogor Banget, Konten Ter-Random, Konten Terfavorit, Konten Kreator Terproduktif, Konten Terviral dan Konten Kreator Terbaik,” jelasnya.
Rino bersyukur yang menang dalam kompetisi di media sosial ini ternyata banyak anak-anak muda yang memang memiliki masa depan terkait dunia digital. Jika Kota Bogor ingin menjadi kota yang nyaman tentu lingkungan harus lebih nyaman, ditata, kebersihan diperhatikan dan sebagainya.
“Makanya ada juga kompetisi Deudeuh Ka Lembur, untuk membangkitkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan sekitarnya, terutama untuk menarik minat wisatawan,” paparnya.
Sementara itu Ketua DPRD Kota Bogor, Adityawarman Adil mengapresiasi kegiatan yang mengasah kreatifitas anak muda dalam membuat konten di media sosial ini.
“Ini sebuah kegiatan yang positif, men-trigger anak-anak muda untuk mensosialisasikan keunggulan-keunggulan Kota Bogor mulai dari wisata, kuliner dan hal lainnya yang menarik wisatawan.
“Kegiatan ini juga bagian dari pemberdayaan masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam mensosialisasikan baik itu program, keunggulan maupun hal-hal menarik lainnya di Kota Bogor. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat berdampak signifikan terutama kunjungan wisata ke Kota Bogor, sebab kalau kunjungan meningkat, PAD pun meningkat dan berbagai program pembangunan bisa segera dilaksanakan dengan lebih baik,” kata Adit. Saefulloh